Ingin Kuliah Kedinasan dan Kuliah Beasiswa Luar Negeri, Sekolahnya ke SMAIT Insan Sejahtera Saja

oleh -
SMA IT Insan Sejahtera Sumedang menggelar acara 'inspiring talk' bersama mahasiswa berprestasi yang ada di sembilan negara (Tuki, Rusia, China, Madinah (Arab Saudi), Libanon, Sudan, Yaman, Mesir, Jerman), serta workshop terkait UTBK, kedinasan, PT BUMN dan kuliah luar negeri di kampus SMA IT Insan Sejahtera Toga, (3/9/2020) lalu.

RADARSUMEDANG.ID–Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) Insan Sejahtera yang beralamat di Perum Kampung Toga Blok G1 Sumedang kembali membuka penerimaan siswa baru (PSB) tahun pelajaran 2021-2022 untuk gelombang pertama dibuka mulai Oktober sampai dengan Desember 2020.

Ketua Yayasan Pendidikan Mitra Insan Sejahtera Hj. Yani Citraeni, S.E., M.MPd mengatakan memasuki tahun kedua, SMA IT Insan Sejahtera sudah mampu membuktikan diri sebagai salah satu sekolah unggulan di Sumedang.

Sebagaimana sekolah-sekolah yang lebih dahulu bernaung di bawah Yayasan Mitra Insan Sejahtera seperti SDIT dan SMP IT Insan Sejahtera yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumedang karena memiliki banyak keunggulan, tidak hanya dari sisi kurikulum namun memiliki banyak kekhasan dibandingkan sekolah lain.

“Beberapa program unggulan SMA IT Insan Sejahtera di antaranya Program Tahfidzul Qur’an, memiliki kurikulum yang dipersiapan agar siswa lolos UTBK, target lulus sekolah masuk perguruan tinggi negeri favorit dan kedinasan di Indonesia, seperti IPDN, STAN, STIS, AKPOL/AKMIL dan lain-lain,” urai Umi Yani.

Tidak hanya itu siswa SMA IT Insan Sejahtera juga sejak dari awal masuk sudah diarahkan terkait bakat dan minat studi saat sekolah, melanjutkan kuliah, hingga bidang dunia kerja yang diinginkan.

“Sejak awal masuk sekolah para siswa mengikuti tes psikologi untuk menentukan arah minat dan bakat mereka terkait memilih jurusan yang diambil apakah masuk IPA atau IPS, bahkan arah melanjutkan kuliah hingga masuk dunia kerja sudah bisa terlihat,” terangnya.

Keunggulan lainnya dari SMA IT Insan Sejahtera para siswa yang memiliki minat untuk melanjutkan kuliah dengan beasiswa ke luar negeri, sejak awal masuk sekolah sudah difasilitasi dengan pengenalan beberapa program beasiswa ke beberapa negara tujuan Turki, China, Jepang, Vietnam, Mesir, Qatar, Arab Saudi, Jerman hingga Rusia.

Tidak hanya itu SMA IT Insan Sejahtera juga membekali para siswanya untuk memiliki kecakapan (life skill) yang beragama dan kekinian yang kelak sangat berguna bagi siswa baik saat melanjutkan kuliah maupun terjun ke dunia kerja.

Di antaranya program life skill dan coaching atau pelatihan seperti life mapping, communication skill, leadership skill, graphic design, digital marketing, robotic dengan sertifikat uji komeptensi, kometensi seni sunda Arumba (alunan rumpun bambu).

“Bisa dikatakan lengkap di SMA IT Insan sejahtera selain membekali para siswa ilmu-ilmu sains, dibekali ilmu agama yang kuat, ditambah beragam keahlian life skill juga dibarengi dengan seni Sunda, dengan seni diharapkan bisa memperhalus nilai rasa,” paparnya lagi.

Meskipun baru memasuki tahun kedua, SMA IT yang memiliki motto Tangguh Berprestasi Berjiwa Santri ini sudah menorehkan banyak prestasi dari tingkat regional, nasional hingga internasional. Sebut saja di antaranya, juara 1 Sumedang Math Olympiad 2019, juara 2 Sumedang Math Olympiad 2019, Juara 2 Musabaqoh Hifjil Qur’an Unpad se-Jawa 2019, Peraih 2 medali perunggu TIMO (Thailand Internasional Mathematical Olympiad) level Senior Secondary 2019; dan lolos 30 besar Olimpiade Zoologi Kedokteran Hewan UGM tingkat Nasional 2019.(rik)