Sebanyak 200 Prajurit Yonif Raider 301 Ikuti Latihan Rawa Laut di Waduk Jatigede

oleh -

Darmaraja – Prajurit Yonif Raider 301/Prabu Kian Santang kembali unjuk kebolehannya dalam sebuah latihan taktis yang dilakukan di Waduk Jatigede.

Kali ini sebanyak 200 Prajurit Yonif Raider 301/Pks melakukan latihan pemeliharaan yang sudah memasuki tahap Rawa Laut.

Tahap ini menurut Danyon Raider 301/Pks Mayor Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.Ip, M.Ipol merupakan salah satu materi yang sedang dilatihkan yakni renang taktis. Dimana pada materi ini Prajurit melaksanakan renang secara taktis dengan membawa beban perlengkapan tempur meliputi Ransel, helm dan senjata.

“Latihan renang taktis ini merupakan kegiatan yang diprogramkan dalam latihan pemeliharaan Raider untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan perorangan prajurit Raider. Karena setiap prajurit Raider harus memiliki kemampuan berenang secara taktis dengan membawa perlengkapan tempur menuju ke sasaran musuh, dengan tujuan seluruh daerah musuh dapat di kuasai,” ucap Danyon saat memimpin langsung kegiatan renang taktis di sekitaran Waduk Jatigede tepatnya di Desa Sukaratu Kec. Darmaraja, Selasa (22/9).

Dikatakan, latihan tersebut bertujuan untuk melatih para prajurit sebelum di hadapkan dengan medan tugas yang penuh dengan resiko yang tinggi, seperti halnya melintasi rawa, lautan serta sungai.

Disamping itu pula lanjut Danyon, renang taktis ini merupakan salah satu keterampilan dan ketangkasan bagi para prajurit Raider yang wajib dimiliki. Butuh keterampilan khusus dalam melaksanakan renang taktis, dan juga tidak mudah renang dengan menggunakan perlengkapan tempur.

“Butuh mental yang kuat dan terlatih dikarenakan membawa beban rangsel helm dan senjata, latihan ini dilaksanakan di Waduk Jati Gede, untuk membiasakan Prajurit Raider agar terbiasa dengan latihan di medan sebenarnya”, Tegasnya.

Pada Kesempatan ini pula, Komandan Korem 062/Tarumanegara Kolonel Inf Muhamad Muchidin yang ikut meninjau pelaksanaan latihan, secara mengejutkan juga ikut serta berenang di Waduk Jati Gede bersama-sama prajurit Raider untuk memberikan semangat kepada prajurit yang sedang berlatih.

Alhasil momen tersebut membuat para prajurit lebih semangat untuk menyelesaikan latihan renang taktis.

“Pelaksanaan latihan pemeliharaan Raider itu dilaksanakan agar Satuan Yonif Raider 301/Pks mahir dalam melaksanakan tugas pokok yang dihadapkan dengan medan sebenarnya. Tadi saya secara langsung terjun ditengah-tengah prajurit mengikuti renang taktis, supaya prajurit lebih semangat dalam melaksanakan kegiatan latihan,” tandasnya seraya berkata akan mendukung sepenuhnya semua kegiatan latihan yang dilaksanakan Yonif Raider 301/Pks. (jim)