Wow, Pemprov Jabar Anggarkan 2,2 Milyar Untuk Penataan Alun-alun Sumedang Tahap Dua

oleh -
Net
Radarsumedang – Pasca diresmikan pada Maret 2020 lalu, Pemerintah Kabupaten Sumedang kembali melakukan penataan Alun-alun Sumedang tahap dua.
Proyek lanjutan tahap kedua ini, didanai dari APBD Provinsi Jawa Barat, dengan nilai anggaran sebesar Rp 2,2 miliar.
Kepala Bidang (Kabid) Tata Bangunan Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Sumedang, Budi Yana Santosa, proyek lanjutan penataan Alun-alun Sumedang ini, ditargetkan harus rampung 13 Desember 2020 mendatang.
“Proyek penataan Alun-alun Sumedang tahap dua ini, memang bersumber dari APBD Provinsi. Namun, anggarannya terpisah dari anggaran proyek penataan tahap pertama,” ujarnya saat dikonfirmasi sejumlah awak media, belum lama ini.
Dirinya yang juga menjabat sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengerjaan Alun-alun Sumedang juga mengatakan proyek pengerjaan alun-alun tahap pertama sudah selesai seratus persen sejak beberapa bulan lalu.
Sehingga untuk menyempurnakan proyek pertama, maka dilakukanlah penataan lanjutan yang pengerjaannya telah dimulai sekitar satu minggu lalu.
Dikatakan dalam proyek penataan lanjutan tahap kedua ini, terdapat beberapa item yang akan dibangun atau dikerjakan.
Salah satunya, penambahan gapura (di depan SMPN 4 Sumedang), penambahan lampu-lampu, penambahan alat pompa untuk menyiram tanaman, serta beberapa penyempurnaan lainnya.
“Jadi untuk proyek lanjutan penataan alun-alun ini, memang untuk menyempurnakan kekurangan yang belum terakomodir pada proyek tahap pertama,” ucapnya.
Lebih lanjut dijelaskan Budi, sesuai pesan dari Bupati Sumedang pelaksanaan proyek lanjutan penataan alun-alun tahap kedua ini, harus benar-benar sesuai dengan Detail Engineering Design (DED) dan Contract Change Order (CCO)-nya.
“Kemarin Pa Bupati telah meninjau langsung pelaksanaan kegiatan proyek ini. Pa Bupati berpesan, agar proyek ini dikerjakan secara optimal, sesuai dengan perencanaan,” katanya. (jim)