Dengan Program Simpay Tenar, Pengantin Anyar di Sumedang Bakal Langsung Dapat KTP dan KK

oleh -
dokumentasi Radar Sumedang sebelum covid19

Radarsumedang.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang akan menjalin kerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumedang, guna memaksimalkan program Simpay Tenar (Sistem Pelayanan Adminduk bagi Pengantin Anyar).

Kabid SIAK Disdukcapil A Beni Triyadie mengatakan selama ini program Simpay Tenar telah dilaksanakan bersama KUA. Namun agar payung hukumnya lebih jelas maka MoU akan dilakukan dengan induk KUA, dalam hal ini Kantor Kementrian Agama kabupaten Sumedang.

“Dengan melakukan MoU dengan Kemenag Sumedang berarti secara otomatis seluruh KUA di Sumedang bisa melaksanakan program Simpay Tenar,” kata Beni, Kamis (24/9).

Dengan Simpay Tenar, kata Beni, pasangan pengantin baru yang menikah di Sumedang dan memutuskan akan tinggal di Sumedang akan dapat langsung mengurus adminduknya.

“Jadi, nanti mereka (pengantin) bisa mendaftar ke Kantor Disduk, dan ketika saat hari H pernikahan atau resepsi, adminduk baru mereka sudah jadi dalam hal ini KTP dan KK barunya,” jelasnya.

Adapun, bagi calon pengantin yang berasal dari luar wilayah Sumedang, dan setelah menikah akan tinggal di Sumedang, maka diwajibkan mengurus terlebih dahulu surat pindah.
Kalaupun tidak sempat mengurusnya karena waktu yang mepet, pihak Disdukcapil Sumedang akan siap membantunya.

“Yang jelas melalui Simpay Tenar ini pengantin baru tidak perlu lagi repot mengurus adminduk, karena saat menikah semuanya telah jadi,” tuturnya. (gun).