Pilkades Sumedang Digelar 16 Desember 2020, Dilaksanakan Tanpa Tatap Muka

oleh -

Radarsumedang.id – Forkopimda Kabupaten Sumedang akhirnya memutuskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2020 di Kabupaten Sumedang bakal digelar hari Rabu, 16 Desember 2020 mendatang.

Keputusan itu diambil Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir setelah dirinya beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Sumedang melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) dengan Forkopimda di Gedung Negara, Kamis (24/9) petang.

Dony menuturkan, Pilkades di 88 desa pada 26 kecamatan ini akan dilaksanakan pasca Pilkada serentak di beberapa Kabupaten/Kota yang dijadwalkan 9 Desember 2020, sesuai dengan ketentuan peraturan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Penjadwalan tersebut mengikuti Surat Edaran Kemendagri Nomor 141/4528/SJ, tanggal 10 Agustus 2020, tentang penundaan pelaksanaan Pilkades serentak dan PAW Pilkades sampai selesainya pelaksanaan Pilkada serentak,” tuturnya.

Adapun secara teknis kata Bupati, Pilkades akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat tanpa tatap muka. Begitu pula dengan tahapan kampanye dilakukan secara daring (online) guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Tahapannya harus sesuai protokol kesehatan. Tidak ada tatap muka. Kampanye pun dilakukan dengan daring dan media sosial untuk mencegah penyebaran Covid,” ujarnya.

Ia pun memastikan, jumlah TPS pada pelaksanaan Pilkades gelombang ketiga nanti akan ditambah dua kali lipat. Sehingga yang semula hanya 266 TPS dipastikan bertambah menjadi 494 TPS. Masing-masing TPS dilengkapi dengan sarana protokol kesehatan.

“Ini adalah upaya agar masyarakat tetap produktif menjalankan aktivitas demokratisasi di desa tapi aman dari Covid. Supaya aman, jalankan protokol kesehatan secara efektif,” imbuhnya.

Lebih lanjut Bupati menambahkan, untuk memastikan pelaksanaan Pilkades Serentak dapat berlangsung dengan sukses tanpa ekses, ia mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersinergi dalam perhelatan demokrasi ini.

Kendati guna mengantisipasi adanya klaster baru dalam Pilkades serentak, ia pun menghimbau kepada seluruh warga agar selalu menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas agar tidak terjadi penyebaran kasus di Kabupaten Sumedang.

“Mari kita sukseskan Pilkada Serentak bersama-sama. Tetap tidak ada kerumunan. Jalankan protokol kesehatan. Saya akan memantau tahap demi tahapnya,” pungkasnya. (jim)