Memasuki Musim Hujan, Bupati Sumedang Ajak Masyarakat Gelorakan Jumsih

oleh -
Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir

Radarsumedang.id – Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Sumedang agar tetap waspada dalam beraktivitas.

Pasalnya berdasarkan prakiraan musim hujan di Sumedang akan terjadi pada pertengahan Oktober ini.

Karenanya Bupati menyampaikan beberapa program pemerintah dalam salah satu langkah antisipasi pencegahan bencana pada setiap musimnya, seperti Jumat Bersih dan gerakan serentak pemberantasan sarang nyamuk.

“Untuk mencegah bencana Pemerintah Kabupaten Sumedang telah menyebarkan surat himbauan kepada daerah-daerah yang rawan bencana agar lebih meningkatkan kewaspadaannya terhadap bencana,” kata Bupati, Selasa (20/10).

Tak hanya itu diperkirakan, puncak musim hujan terjadi sampai Februari 2021. Oleh sebab itu menghadapi musim hujan warga masyarakat serta kepala SKPD dan para camat diminta untuk meningkatkan kewaspadaannya.

Termasuk, dirinya juga berharap kepada forum pengurangan resiko bencana yang dibentuk oleh BPBD Sumedang dapat membantu pemerintah dalam memetakan daerah yang beresiko tinggi. Mengingat berdasarkan sumber dari BMKG stasiun klimatologi Bogor, potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan akan terjadi pada saat memasuki awal musim hujan.

“Saya minta masyarakat selalu waspada, terutama bagi yang tinggal di daerah rawan bencana longsor serta pohon tumbang. Kemudian galakkan kembali jumat bersih di setiap saluran air, serta gerakan satu hari pemberantasan sarang nyamuk,” ujarnya.