Pantau Pelanggar Prokes, Diskominfosanditik Pasang CCTV di Lima Titik

oleh -
Diskominfosanditik Kab. Sumedang saat memantau panel kontrol CCTV PTZ di Kantor Diskominfosanditik. Kedepan panel kontrol ini dapat terpasang di lingkungan Induk Pusat Pemerintahan (IPP) lantai III melalui ruang command center yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Radarsumedang.id – Pemerintah Kabupaten Sumedang kini telah memasang kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV) Pant Tilt Zoom (PTZ) di sejumlah titik keramaian di pusat kota.

Pemasangan cctv dilakukan untuk memonitor sejauh mana kedisplinan warga masyarakat Kabupaten Sumedang dalam menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes).

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengatakan, pengadaan cctv ini merupakan bantuan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui CSR dari Bank Jabar (BJB)

“Alhamdulillah untuk cctv ini, kami dapat CSR dari BJB sebesar Rp. 298 juta. Jadi cctv ini ada panel kontrol langsung di Diskominfosanditik dan bisa diputar-putar. Nanti disana ada speaker juga sehingga kelihatan yang berkerumun tolong ditertibkan atau misalkan ada yang pacaran nanti mungkin bersuara,” kata Bupati kepada wartawan saat berkunjung ke Desa Cimungkal Kecamatan Wado, Jum’at (23/10).

Adapun titik yang dipasangi cctv lanjut Bupati dipasang di lima titik seperti di Alun-alun Sumedang, Masjid Agung Sumedang, Taman Endog (dua unit cctv), Alun-alun Tegal Kalong, dan sekitar Griya Plaza Sumedang.

“Dengan cara ini kita bisa memonitor penerapan Protokol Kesehatan. Misalkan yang enggak pakai masker kemudian yang enggak jaga jarak atau banyak kerumunan akan terpantau di CCTV. Nanti di follow up oleh Satpol PP juga Gugus Tugas sehingga sesudah dideteksi dimonitor langsung ada tindakan untuk membubarkan kerumunan melalui media speaker,” ujarnya seraya menyebut telah meninjau cctv sekaligus memantau langsung dasboard cctv yang ada di kantor Diskominfosanditik.

Kendati selain digunakan untuk memantau tempat keramaian, arus lalu lintas juga untuk memantau aksi kriminalitas. Kamera pengawas ini sambung Bupati, juga sudah dilengkapi kamera yang mampu mengontrol directional jarak jauh dan mampu memperbesar tampilan gambar pada layar monitor.

Dengan demikian, dipastikan kedepan pemasangan cctv bakal diperluas ke sejumlah kecamatan yang lokasinya cukup strategis.

Senada Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) Dr. Iwa Kuswaeri menuturkan, bahwa CCTV PTZ ini dapat memantau kerumunan dan warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Pemantauan cctv dilakukan dari Kantor Diskominfosanditik dan sudah terkoneksi dengan Satpol PP, serta Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang.

“Jadi perlu diketahui, kelebihan kamera CCTV PTZ ini semua area di satu titik bisa tercover secara keseluruhan atau bisa berputar 360 derajat sehingga sangat cocok untuk dipasang di area yang luas. Bahkan camera PTZ juga merupakan jenis camera CCTV outdoor, sehingga bisa tahan panas maupun hujan,” tuturnya. didampingi Kabid Informatika Mamat Rohimat di Gedung Negara, Kamis (22/10) petang. (Gun).