Percobaan Kebun Jagung Tumbuh Subur di Lahan Bekas Galian

oleh -
IST REKLAMASI: Percobaan kebun jagung dalam program reklamasi di lahan bekas galian lereng Gunung Tampomas, Blok Pasirpeusing, Desa Citimun, Kecamatan Cimalaka seluas sekitar satu hektare.

Cimalaka, Radarsumedang.id – Program reklamasi di lahan bekas galian lereng Gunung Tampomas, Blok Pasirpeusing, Desa Citimun, Kecamatan Cimalaka tergolong sukses. Percobaan kebun jagung seluas sekitar satu hektare itu digagas Kodim 0610/Sumedang yang penanamannya dimulai sejak dua bulan lalu, ternyata hingga sekarang tumbuh subur.

Lahan tersebut digarap kelompok tani di bawah binaan Kodim 0610/Sumedang terdapat di tanah milik aset Desa Naluk, Kecamatan Cimalaka. Sedangkan masa panen direncanakan pada bulan depan, yaitu 26 November 2020. Tanaman jagung yang tumbuh disana menggunakan cairan pupuk bios 44, merupakan permentasi non kimia dan sudah berhasil teruji secara alami.

Kegiatan dimaksud dalam rangka mengatasi ekonomi masyarakat khususnya petani dengan cara membuka lahan baru reklamasi di lahan bekas galian. Sehingga sejumlah lahan tidak produktif menjadi lahan produktif di masa pandemi Covid-19. Rencana kedepan, bilamana percobaan itu berhasil maka akan dibuka perluasan lahan baru.

Kepala Desa Naluk Samsu Hidayat mengharapkan, setelah sukses percobaan reklamasi yang sekarang akan terus dikembangkan di lahan bekas galian lainnya. “Reklamasi yang sekarang sudah berhasil dan menunggu masa panen, diharapkan penambahan area. Ini bentuk kepedulian Kodim Sumedang dan pemerintah desa memanfaatkan lahan kritis menjadi produktif,” terangnya.

Pihak Kodim Sumedang menyediakan bibit jagung dan pupuk bios 44 serta pengolahan awal, selain itu juga menyediakan fasilitas logistik. Sedangkan Desa Naluk menyediakan lahan tanah aset desa dan para penggarap lahan adalah warga petani tergabung dalam kelompok tani. (tri)