GILANG Permudah Peserta JKN-KIS Lakukan Pembaruan Data

oleh -

Radarsumedang.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Sumedang melakukan pemutakhiran data sekaligus melakukan sosialisasi Program Registrasi Ulang (GILANG) belum lama ini

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sumedang Fitriana Salam menyampaikan pemerintah akan menonaktifkan sementara bagi Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang belum mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Sumedang sejumlah 27.761 jiwa. Untuk itu, diharapkan Peserta yang datanya dinonaktifkan dapat meregistrasi ulang data Kepesertaan JKN-KISnya melalui.

“Program GILANG ini merupakan salah satu dukungan terhadap UU Nomor 23 Pasal 13 ayat 1 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan bahwa setiap penduduk wajib memiliki NIK. Program GILANG dilaksakan terhitung mulai tanggal 1 November 2020, dengan tanpa menghambat hak peserta dalam mengakses pelayanan kesehatan,” ungkap Fitriana.

Fitriana mengungkapkan menjaga status kepesertaan JKN-KIS tetap aktif merupakan langkah penting bagi semua peserta. Ia menjelaskan bahwa tidak ada jaminan diri kita akan selalu sehat, maka dari itu pentingnya menyadari memiliki perlindungan jaminan kesehatan sejak dini.

Fitriana menjelaskan bahwa peserta JKN-KIS di wilayah Sumedang yang ingin melakukan registrasi ulang, mereka bisa mengakses layanan digital BPJS Kesehatan diantaranya Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 0821 2012 4069 dengan menu pengaktifan kembali kartu dan melalui Petugas BPJS SATU! di Rumah Sakit.

“Peserta JKN-KIS hanya perlu menyiapkan Foto KTP/KK dan kartu kepesertaan JKN-KIS, kemudian jika sudah melaporkan pembaruan data, maka status Kepesertaan akan diaktifkan kembali dalam waktu maksimal 1×24 jam. Peserta JKN-KIS yang wajib melakukan registrasi ulang adalah yang belum melengkapi data kepesertaannya dengan NIK. Untuk mengecek status kepesertaan, bisa dilakukan dengan mengakses aplikasi Mobile JKN, Layanan Informasi WhatsApp (CHIKA) di Nomor 0811 875 0400, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400,” tambah Fitriana.

Asnur salah satu peserta kategori Peserta Penerima Upah menyampaikan sangat mengapresiasi program ini karena dapat membantu dan memperlancar pelayanan pasti akan mendukung, untuk itu harus gencar kita lakukan sosialisasi via Disdukcapil masing-masing Kabupaten Kota untuk diteruskan ke Kecamatan sampai ke Desa dan juga koordinasi dengan instansi/lembaga terkait lainnya.

“Pada prinsipnya kami sangat mendukung sepenuhnya program registrasi ulang ini, dan akan bersama sama ikut mensosialisasikannya”, ungkap Asnur. (Isl/rls).