Bangunan SDN Jatiputri Direhab, Kepsek berharap Peningkatan Kualitas Pendidikan

oleh -

CISITU – SDN Jatiputri Desa Cilopang, Kecamatan Cisitu saat ini tengah melakukan rehab bangunan sekolah yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun 2020.

Terpantau sekeliling bangunan tampak sedang diperbaiki oleh sejumlah pekerja bangunan.

Menurut Kepala Sekolah SDN Jatiputri, Samri Apip, DAK fisik yang diberikan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Pendidikan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan peserta didik supaya lebih nyaman dalam menjalankan KBM kedepan.

Adapun pembangunan fisik yang tengah dilakukan antara lain, pembangunan ruang UKS, toilet, rehab enam ruang kelas, ruang guru ditambah sarana pendukung pembelajaran mulai dari mata pelajaran, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Matematika, alat seni budaya (alat kesenian) modern dan tradisional hingga 25 unit komputer.

“Alhamdulillah saat ini pembangunan fisik sudah mencapai 70 persen lebih karena kita mengejar waktu tiga bulan. Sebelumnya memang kondisi sekolah rusak sedang, banyak kaki-kaki dan jendela yang sudah keropos,” kata Samri kepada Radar Sumedang, Rabu (11/11).

Dikatakan, dengan dilaksanakannya rehab bangunan tentunya akan membuat peserta didik lebih representatif dalam meningkatkan mutu pelajaran.

Disamping itu pula dalam rangka akreditasi sekolah kedepan, sarana prasarana sangat menentukan nilai yang lebih tinggi.

“Kalau sarana prasarana sudah mumpuni, tugas kami (Kepala Sekolah. Red) tinggal memecut kinerja para Bapa/Ibu guru untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di sekolah kami,” ujarnya.

Ia menambahkan, total anggaran DAK fisik tahun 2020 untuk SDN Jatiputri sebanyak Rp. 780.850.000.

“Tentunya kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah Daerah utamanya melalui Dinas Pendidikan, yang sudah mempercayakan kepada sekolah kami untuk menerima rehab bangunan yang bersumber dari DAK fisik tahun 2020 ini. Kami pun dalam hal ini betul-betul membangun seperlunya dan tidak keluar dari aturan,” pungkasnya. (jim)

oleh