Akhirnya Dede Ditemukan Dalam Kondisi Sudah Tak Bernyawa, Begini Penjelasan Pusdalops BPBD Sumedang

oleh -

Tanjungkerta, Radarsumedang.id – Seorang warga Dusun Lebaktulang Desa Nagarawangi Kecamatan Rancakalong, Dede Cahyana (25). Akhirnya ditemukan dalam kondisi sudah tak bernyawa di sebuah irigasi Sungai Cikandung, Dusun Cikalong Landeuh Desa Banyuasih Kecamatan Tanjungkerta.

Awalnya DC dikabarkan tenggelam saat mancing di sebuah irigasi di sungai Cikandung sekira pukul 12.00 WIB. Kemudian tim BPBD Sumedang dibantu Aparat TNI dan Polri serta masyarakat sekitar dalam pencarian korban.

Akhirnya sekira pukul 14.30 korban bernama DC berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia oleh salah seorang keluarganya yang membantu pencarian.

Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Ruli Surya Somantri mengatakan pihaknya menerima laporan orang tenggelam sekitar pukul 12.00 WIB.

Kata Ruli, medan lokasi Dede tenggelam cukup menyulitkan proses pencarian. Selain air yang keruh, kedalaman mencapai sekitar 3 meter.

“Kesulitan karena di bawah dam ada jorokan yang ke dalam, jadi alat selam tidak dapat masuk ke sana,” katanya.

Setelah ditemukan, jasad Dede langsung dibawa ke Puskesmas Sukamantri. Kejadian tersebut menjadi perhatian ratusan warga yang menyaksikan proses pencarian.

Diberitakan sebelumnya, Dede dilaporkan tenggelam saat sedang memancing ikan sekitar irigasi sungai Cikandung sekira pukul 12.00 WIB, di bawah dam aliran Sungai Cimanuk.

Saksi mata yang juga warga sekitar, Jeje (60) menuturkan, saat kejadian dirinya sedang berada di sawah, dan mendengar teriakan orang minta tolong. Saat mendatangi sumber suara, ia melihat korban sudah berada di dalam air.

“Saya lihat ada orang di air tidak bisa berenang, terus saya panggil temannya, kemudian temannya mencoba menolong tapi korban terlanjur tenggelam,” kata Jeje di lokasi kejadian.

Kata Jeje, saat itu korban bersama temannya sedang memancing ikan, namun posisi mereka berjarak sekitar 50 meter. Dede memancing tepat dibawah dam.

“Tidak tahu bagaimana bisa tercebur ke air,” katanya.

Kemudian, Jeje melaporkan kejadian tersebut ke warga sekitar, lalu ke Polsek Tanjungkerta, dan langsung melakukan pencarian.(gun)