Pengrajin Batok Kelapa di Situraja Dapat Apresiasi Dari Bupati

oleh -
Bupati Sumedang H Donny Ahmad Munir saat berkunjung tempat produksi kerajinan dari bahan batok kelapa di Situraja

Situraja, Radarsumedang.id – Salah satu pengrajin batok kelapa di Dusun Cimuruy RT 04 RW 01 Desa Mekarmulya Kecamatan Situraja mendapat apresiasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang.

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengaku kagum atas usaha yang digeluti oleh warga Cimuruy tersebut.

“Ini adalah bentuk kreativitas warga. Di samping membuat bahan bakunya, tidak ada salahnya juga membuat barang-barang jadinya dan dijual di sini atau di tempat-tempat wisata. Saya sering lihat hasil buah tangan kang Iwan ini banyak ditemukan di Sumedang,” ujar H Donny Ahmad Munir saat berkunjung ke Situraja.

Sementara itu, Iwan Setiawan (45) selaku pemilik usaha batok kelapa tersebut mengatakan, dirinya mulai memproduksi kerajinan tangan dari bahan batok kelapa sejak tahunahun 2012.

Hasil buah tangan Iwan yang dihasilkan dari batok kelapa itu diantaranya berupa, cangkir, teko, celengan dan keramik dinding hingga lukisan wajah.

“Saya membuat keramik dinding, kebetulan pesanan untuk perusahaan yang ada di Cirebon untuk diekspor ke Eropa. Alhamdulillah sekarang sudah menjajaki pasar Asia Timur,” kata Iwan saat dikunjungi Bupati Sumedang, baru-baru ini.

Kendati demikian, saat ini dirinya mengaku terkendala oleh bahan baku untuk kerjinan tersebut. Bahkan ia harus ke luar daerah untuk mencarinya seperti ke Tasik dan Pangandaran.

“Kesulitan bahan bakunya. Saya harus mencari ke luar daerah dan biaya angkutnya juga besar (mahal). Di Sumedang bahan bakunya berebut dengan pelaku UMKM lainya, yang bergerak dari bidang lain,” ucapnya seraya berharap Pemerintah Daerah bisa mengatasi kendala yang dihadapinya. (jim)