Pastikan Pasar Tumpah Tak Beroperasi, Petugas Lakukan Patroli Gabungan

oleh -

Pamulihan, Radarsumedang.id – Upaya memastikan tidak adanya aktivitas dipasar tumpah tol Cisumdawu tepatnya di Dusun Babakanloa Desa Citali dan Dusun Cilengsar Desa Cigendel. Anggota TNI Koramil Tanjungsari, Polisi Polsek Pamulihan, Satpol PP Kecamatan Pamulihan dan Satpol PP Kabupaten Sumedang melakukan patroli gabungan.

Kapolsek Pamulihan IPTU Ahmad Sahidin mengatakan, adanya aktivitas pasar tumpah memicu adanya kerumunan massa yang dikhawatirkan menjadi klaster baru penyebaran virus corona.

“Sebelumnya, kami telah melakukan koordinasi dengan pengelola pasar tumpah Citali agar sementara waktu tidak ada aktivitas pasar, sebelum kondisi benar-benar aman,” ucap kepolsek.

Setelah dilakukan pengecekan, kata ia, lokasi pasar tumpah yang biasa ramai setiap Minggu oleh pengunjung dan pedagang, sementara sepi tidak ada aktivitas baik pengunjung maupun pedagang.

“Bukan tidak boleh berjualan, namun karena situasi pandemi covid, otomatis kita harus selalu waspada, apalagi sekarang memasuki masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) untuk mengindari kerumunan, harus menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dengan 4M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” tambahnya.

Ia meminta kepada pengelola, masyarakat dan pedagang agar tidak berasumsi bahwa pasar tumpah diwilayah lain dibuka sementara disini ditutup.

“Mungkin diwilayah lain belum ada tindakan,
sehingga jangan salah sangka terlebih dahulu,” ucapnya.

Sementara itu, Danpos Pamulihan Pelda Sumarno mengatakan patroli gabungan tersebut tidak sekonyong-konyong dilakukan apabila tidak ada perintah dari pimpinan atas.

“Keberadaan kami disini merupakan intruksi perintah atasan, untuk mengecek apabila ada kerumunan kenapa dibiarkan,” ucapnya.

Ia pun meminta, agar pengelola pasar untuk selalu berkoordinasi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas langkah-langkah apa saja yang akan diambil.

“Nanti mediasi dengan Babinsa, Bbinkamtibmas, dan selalu berkoordinasi dengan Forkopimcam Pamulihan,” tutupnya.(tha).