Herman Suryatman Masuk Nominasi 10 PNS Inspirstif 2020 Yang Digelar KEMENPAN-RB

oleh -

Radarsumedang.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman menjadi salah satu dari nominasi 10 Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB) dalam Anugerah ASN 2020 sebagai PNS Inspiratif.

Dirinya menjadi satu diantara dua orang PPT dari Provinsi Jawa Barat yang masuk nominasi dalam penghargaan bagi PNS itu setelah lolos dari ratusan kandidat, kemudian dijaring menjadi 30 orang hingga menyisakan top 10 PPT Teladan.

Terlebih setiap Kabupaten juga semua instansi mengirimkan kandidat untuk kategori PPT teladan.

Saat dikonfirmasi Radar Sumedang, Herman mengatakan bahwa pencapaian yang ia dapatkan tak lepas dari arahan dan bimbingan dari Bupati dan Wakil Bupati Sumedang, rekan-rekan pejabat di Sumedang, termasuk peranan awak media.

“Saya pikir, sejatinya ini adalah keberhasilan Kabupaten Sumedang, keberhasilan masyarakat Sumedang, dan saya hanya bagian kecilnya lah yang ikut serta. Karena inovasi yang diketengahkan kepada tim penilai adalah inovasi bersama-sama yang dikembangkan di Sumedang, bukan perorangan,” ucap Herman, Senin (23/11) di Kantor DPMPTSP.

Dikatakan, tahapan yang baru saja telah ditempuh oleh Herman adalah tahapan wawancara dari tim penilai yang berjumlah enam orang dan diketuai oleh Helmi Yahya, mengenai bagaimana inovasi ini dan dampak dari inovasi untuk regional dan nasional.

“Alhamdulillah dampaknya SAKIP desa dan digital office Sumedang sudah direplikasi oleh Pangandaran, Jombang dan Karanganyar. Yang lainnya kan sedang menyusul juga, sudah kontak-kontakan puluhan Kabupaten untuk me-replikasi inovasi Kabupaten Sumedang,” katanya.

Adapun, tolak ukur yang menjadi penilaian kepada tim penilai adalah SAKIP Desa dan transformasi digital.

Khusus untuk transformasi digital, Herman mengungkapkan bahwa informasi terbaru bahwa berdasarkan rapat BSSN, Sumedang merupakan Kabupaten dengan tingkat digital signature (tandatangan digital) tertinggi. Terlebih Kabupaten Sumedang kata Herman sudah menggunakan tanda tangan digital yang termatum dalam sistem aplikasi e-office.

“Itu bisa dilihat jejak aktifitas digital-nya, yang salah satunya adalah penandatanganan digital. Nah setelah diidentifikasi secara nasional jejaknya, Sumedang nomer satu. Bahkan DKI Jakarta juga dibawah Sumedang,” ujarnya seraya menyebutkan di bulan Desember akan diumumkan pemenang Anugerah ASN teladan tahun 2020 tingkat nasional.

Sebagai informasi, inovasi yang dikedepankan oleh Herman dalam penghargaan tersebut yakni, pengembangan SAKIP Desa dan optimalisasi SAKIP Kabupaten juga mengawal akuntabilitas kinerja Kabupaten Sumedang.

Selain Herman, ada juga 9 orang ASN yang menjadi nominasi Top 10 tersebut diantaranya dari Pemkot Palembang – Sumatera Selatan, Pemkot Bandung – Jabar, Direktorat Jenderal Kementerian Keuangan, Pemprov Papua Barat, Kementerian PUPR, Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR, Pemkab Kutai Kartanegara – Kalimantan Timur, Pemkab Banyuwangi – Jawa Timur, serta Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. (jim)