Saluran Siphon Tersumbat, Petani di Pamulihan Kesulitan Air

oleh -
Saluran Siphon tersumbat

Pamulihan,Radarsumedang.id – Sejumlah petani disawah blok heulang tanjung Dusun Citali RW 01 Desa Citali Kecamatan Pamulihan mengaku kesulitan mendapatkan air untuk menggarap sawah. Mengingat Drainase Siphon mengalami mampet akibat sampah dan lumpur.

“Sekarang sudah waktunya menggarap sawah, karena memasuki musim hujan, namun untuk memulai menggarap sawah kami harus kesulitan mendapatkan air, menurut informasi drainase siphon yang dibangun pihak Tol Cisumdawu mengalami mempet,” ucap salah seorang petani Undang kepada Radar Sumedang.

Ia mengaku, sebelum saluran air diganti menggunakan siphon air selalu lancar dan tidak ada kendala untuk menggarap dan menyiram sawah.

“Ada dua siphon disana, yang kecil dan besar dan yang mengalami mempet siphon yang besar,” ucapnya.

Air yang bersumber dari kaki gunung manglayang itu, kata ia, kerap mengairi sawah di blok Heulang Tanjung dengan luas kurang lebih sekitar 2 hektare.

Sementara itu, Kasubag TU UPTD Damkar Wilayah Tanjungsari Sjarief Hidayat mengatakan telah melakukan penormalisasian drainase siphon agar bisa berfungsi secara normal.

“Kami menerima laporan dari warga disana dan langsung mendatangi lokasi dan dilakukan penyemprotan drainase siphon yang mampet dengan cara di tembak nozle jet,” ucapnya.

Ia menambahkan, siphon dengan panjang 140 m² dilakukan penyemprotan oleh tim URC Damkar WIL Tanjungsari.

Sementara itu, Kades Citali Nana Nuryana mengharapkan kepada kontraktor secepatnya menyelesaikan permasalan ini, agar para petani bisa kembali aktivitas bercocok tanam.

“Kami Pemdes Citali dan warga petani berharap satker PU dan kontraktor secepatnya menyelesaikan permasalan ini, agar petani bisa kembali menggarap sawah normal seperti sebelum adanya Tol Cisumdawu,” ucapnya.

Nana mengaku meski telah dilakukan upaya dengan mendatangkan dari Damkar wilayah Tanjungsari namun siphon belum berfungsi normal kembali.

“Belum juga berfungsi, bahkan pembuangan / siphon pengurasan tidak berfungsi, mohon untuk ditindak sesegera mungkin,” tutupnya. (tha).