Pasar Tumpah di Pamulihan Boleh Buka Lagi, Ini Hasil Kesepakatannya…

oleh -

Pamulihan,Radarsumedang.id – Dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat, aktivitas pasar tumpah di Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan yang sebelumnya ditutup kini kembali dibuka.

Bahkan tidak hanya pasar tumpah di Desa Cilembu saja, melainkan pasar tumpah di wilayah Desa lain di Kecamatan Pamulihan akan kembali dibuka seperti biasa.

Camat Pamulihan Herry Harjadinata mengatakan, bahwa pasar tumpah dibeberapa desa dikecamatan Pamulihan akan kembali seperti semula, setelah sebelumnya para pengelola telah menyepakati dan sanggup membuka disesuaikan dengan kondisi Covid-19.

“Kami telah mengundang pengelola pasar tumpah di Desa Cilembu, Cikubang desa Citali, Cimasuk II Desa Pamulihan, Cijeruk, dan pasar tumpah Haurngombong agar menyediakan beberapa alat prokes saat aktivitas pasar berlangsung,” ucap Camat. Rabu (25/11).

Camat mengaku, pengelola telah menyepakati dan menandatangani kesepakatan bersama dan siap menyediakan alat pengukur suhu tubuh dipintu masuk pasar, siap menyediakan tempat mencuci tangan dibeberapa tempat.

“Setiap pedagang siap memakai masker dan memastikan pembeli memakai masker, apabila ada pembeli yang tidak memakai masker pengurus siap menertiibkannya,” ucapnya.

Selain itu, kata Camat, upaya menghindari kerumunan baik pembeli maupun pedagang, lapak para pedagang siap ditempatkan dengan adanya jarak atau zig-zag dan setiap pedagang harus menyediakan handsanitizer.

“Upaya tersebut kami sepakati agar dengan adanya pasar tumpah tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Sebelumnya, beberapa aktivitas pasar tumpah dikecamatan Pamulihan dilakukan penutupan oleh tim satgas pencegahan covid-19 lantaran keberadaannya tidak memiliki izin dari gugus tugas. (tha).