Pilkades Serentak di Sumedang Dapat Tambahan Anggaran Sebesar Rp 2 Milyar

oleh -

Radarsumedang.id – Pemkab Sumedang menambah anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang III, yang akan berlangsung pada Rabu (16/12/2020) mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sumedang, Endah Kusyaman menyebutkan, penambahan anggaran tersebut dilakukan karena pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini berlangsung di massa pandemi.

Kata Endah, Pemkab Sumedang memberikan anggaran tambahan sekitar Rp 2 milyar untuk pengadaan sarana prasarana pendukung protokol kesehatan.

“Anggarannya juga Pemda sudah menambahkan untuk pengadaan sarana pendukung protokol kesehatan, masker, faceshiled, sarung tangan, thermal gun, cairan disinfektan, vitamin dan sebagainya,” kata Endah, saat Sosialisasi dan Deklarasi Damai Calon Kepala Desa pada Pilkades Serentak Gelombang Ketiga dengan Adaptasi Kebiasaan Baru, di Pendopo Kecamatan Darmaraja, Kamis (26/11/2020).

Kadis mengatakan, anggaran tambahan tersebut sudah didistribusikan ke semua panitia masing-masing desa.
“Sudah didistribusikan ke desa untuk mengadakan APD (alat pelindung diri) tersebut,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Endah, tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilkades serentak ini juga mengalami penambahan akibat pandemi. Penambahan TPS hampir sebanyak 2 kali lipat.

“Penambahannya hampir 100 persen, dari yang awalnya sekitar 240 TPS, sekarang menjadi sekitar 400an TPS,” ujarnya.

Penambahan TPS dilakukan guna memecah jumlah pemilih di TPS, sehingga bisa mencegah terjadi kerumunan.
“Sebagaimana yang disampaikan Pak Bupati dan Bu Waka Polres, pelaksanaan Pilkades serentak ini harus menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya. (gun)