Sebelum Mencoblos, Warga Baru Pulang Dari Luar Daerah Wajib Isolasi Mandiri

oleh -

Tanjungsari, Radarsumedang.id – Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan meminta kepada panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III agar senantiasa memperhatikan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) saat proses pemilihan berlangsung.

Selain itu, panitia harus benar-benar mengkaji pelaksanaan nanti, teknisnya ada pengaturan waktu pemilihan per RW beda waktu, upaya tersebut dilakukan agar tidak terjadi kerumunan massa.

“Apabila ada warga baru pulang bekerja dari luar daerah, harus melakukan isolasi mandiri minimal 3 hari sebelum pencoblosan dan dilakukan minimal rapid test lebih bagusnya swab tes,” kata Erwan Setiawan saat sosialisasi pemilihab kepala desa dan deklarasi damai di Kecamatan Tanjungsari. Kamis (26/11).

“Saya yakin panitia sudah menyiapkan itu, saya tidak mau ada klaster baru penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan Pilkades nanti, diperlukan peran calon kades agar terus memberikan himbauan proske kepada warga, jangan sampai nanti distop karena tidak menerapkan prokes,” ucapnya lagi.

Erwan berharap agar pelaksanaan Pilkades terselenggara secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, aman dan damai, masyarakat dituntut untuk proaktif terhadap pemilihan nanti sebagai sebuah proses melahirkan pemimpin yang jujur dan adil.

“Melihat situasi pendemi yang belum reda, membuat pelaksanaan sempat tertunda dua kali, awalnya akan diselenggarakan di bulan
April, diundur menjadi Oktober hingga akhirnya Desember,” sebutnya. (tha).