Positif Covid-19 di Sumedang Tembus 409 Kasus, 18 Orang Meninggal

oleh -

Radarsumedang.id – Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang kembali mengkonfirmasi terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19.

Pasalnya dalam update sebaran perkembangan Covid-19 per hari Jum’at (27/11) ini terjadi penambahan 12 orang pasien positif sehingga saat ini akumulasi jumlah kasus positif Covid-19 di Sumedang hingga hari Jum’at ini menjadi 409 orang (sebelumnya 397 orang).

Dikonfirmasi, Kepala Bidang Informasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Dr. Iwa Kuswaeri mengatakan, lonjakan kasus positif didominasi oleh hasil tracing Dan kontak erat.

“Iya betul jika melihat data, sebagian besar merupakan hasil kerja efektif Dinas Kesehatan dan RSUD,” kata Iwa dihubungi via WhatsApp, Jum’at (27/11) petang

Disamping itu pula lanjut Iwa, penambahan kasus juga merupakan hasil tracing dan kontak erat.

“Jadi keduabelas pasien positif ini merupakan hasil tracing Dan kontak erat dari kasus terkonfirmasi, baik yg ada di RSUD maupun hasil penelusuran Dinas Kesehatan,” ujarnya.

Kendati demikian, Iwa juga menyampaikan adanya satu orang pasien yang meninggal sehingga menambah daftar panjang kasus kematian menjadi 18 oramg.

“Pasien meninggal berinisial OT umur 66 tahun. Yang bersangkutan warga Desa Genteng Kecamatan Sukasari yang sempat diisolasi pada Jum’at tengah malam dan meninggal pada Jum’at pagi,” terang Iwa.

Atas dasar itu pula, dirinya kembali mengingatkan agar masyarakat tetap waspada dam beraktivitas dan senantiasa menjalankan protokol kesehatan.

“Kami meminta agar masyarakat selalu patuh menjalankan protokol kesehatan dan selalu menerapkan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjauhi kerumunan). Jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi atau bahkan mengancam kesehatan, karena keberhasilan pemerintah dalam menekan penyebaran virus Corona memerlukan peran serta masyarakat,” pungkas Iwa.

Sebagai informasi, saat ini update sebaran perkembangan Covid-19 per hari Jum’at (27/11) jumlah kasus positif sebanyak 47 orang yang tersebar di beberapa kecamatan dengan rincian, Cimalaka 6 orang, Cimanggung 7 orang, Cisarua 1 orang, Ganeas 2 orang, Jatinangor 6 orang, Pamulihan – Rancakalong – Situraja – Sukasari – Wado 1 orang, Sumedang Selatan 3 orang, Sumedang Utara 9 orang, Tanjungkerta 3 orang, dan Tanjungsari 5 orang.

Selain itu masih ada beberapa jumlah kontak erat yang hampir mendekati angka 200 orang yaitu 193 orang, dan suspek sebanyak 9 orang. (jim)