Demi Ansor, Kapanpun Dibutuhkan Erwan Siap.

oleh -
Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan saat menghadiri acara penutupan Diklatsar Banser di Kecamatan Sukasari

SUKASARI – Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan mengapresiasi Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sumedang yang telah melaksanakan Diklatsar Banser Sumedang angkatan II,  yang dilaksanakan selama 3 hari Jumat (27/11) sampai Minggu (29/11) Desember 2020 di Bumi Kahyangan Dusun Cibacang Desa Sindangsari Kecamatan Sukasari. Minggu (29/11).

Erwan mengaku, kagum dan bangga kepada Ansor Banser Sumedang yang telah mengadakan Diklatsar dan berharap bahwa pengkaderan Ansor Banser bisa berlanjut hingga tingkat akar rumput.

“Saya berharap Diklatsar untuk bisa dilaksanakan disemua tingkat Pengurus Anak Cabang (PAC) sehingga kita bersama-sama mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu, bentuk apresiasi saya terhadap Ansor kapanpun dimanapun saya siap hadir apabila diundang dalam acara yang digagas oleh Ansor,” ucap Erwan didampingi Camat Sukasari Agus Wahyudin kepada Radar Sumedang.

Atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) Sumedang, kata Erwan, menyambut baik dan mengapresiasi diharapkan dapat membangun komitmen bersama bidang kepemudaan, keagamaan demi membangun Sumedang.

“GP Ansor secara historis lahir dikalangan NU, Kita ketahui ormas keagamaan mempunyai kekuatan penting di masyarakat, Keberadaan GP Ansor sangat potensial dikalangan masyarakat sebagai penyeimbang amar makruf nahi mungkar,” tambahnya.

Erwan berharap setelah mengikuti Diklatsar Banser ini, para peserta mendapatkan ilmu yang bisa dipraktekkan dikehidupan masyarakat tunjukan jatidiri sebagai pemuda GP Ansor.

“Tadi disebutkan beberapa Nawacita Ansor tentunya ini harus betul-betul dihayati dan diimplementasikan agar lebih baik lagi untuk masyarakat,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Erwan, Diklatsar Banser tersebut jangan hanya di zona 1 saja melainkan zona 3 dan zona seterusnya, agar pemuda di Sumedang memiliki wawasan demi menjaga dan mengamalkan ajaran NU.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Sumedang Acep Komarudin Hidayat mengucapkan terimakasih atas partisipasi menjadi peserta Diklatsar Banser dan ini merupakan pilihan yang tepat untuk mengikuti Diklatsar Banser angkatan II Satkoryon Sukasari zona 1 meliputi wilayah Sukasari, Jatinangor, Cumanggung, Tanjungsari, dan Pamulihan.

“Alhamdulillah Diklatsar Banser ini telah selesai dilakukan, para sahabat/peserta diberikan pelatihan tentang ke anshoran dan kebanseran. Kita selaku generasi muda harus memiliki banyak potensi dan kelebihan tenaga, pikiran juga waktu, dan potensi tersebut harus dipergunakan sebaik mungkin khususnya untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang didalamnya menjaga NU dari berbagai macam rongrongan,” ucapnya.

Acep menambahkan, perlu diketahui bahwa NKRI sekarang ini sedang diganggu oleh berbagai ancaman. Untuk mengantisipasi itu semua, maka generasi muda harus tampil didepan karana ini merupakan tanah air kita dimana tempat kita berpijak.

“Selama tig hari tiga malam mereka jalani dengan baik, diberikan pengetahuan dan kecakapan tentang apa itu NU, Apa itu Ansor, Apa itu Banser dan alasan kenapa kita harus bergabung. Karena pendiri NU telah mengatakan siapa yang mengurus NU aku doakan Khusnul Khotimah, jika kita hanya mengandalkan amaliyah yang seadanya, tapi dengan hikmah di NU semuanya akan mendapatkan berkah dari Para Ulama,” tutupnya. (tha).

oleh