Sekda : Camat Jangan Lagi Angkat Tenaga Honorer

oleh -

CIMANGGUNG – Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang H. Herman Suryatman meminta kepada para camat di Kabupaten Sumedang agar tidak mengangkat kembali tenanga honorer. Agar tidak terjadi penumpukan honorer ditiap Kecamatan.

Karena sejauh ini pihaknya tengah melakukan perampingan aparatur dengan harapan agar lebih efektif dan efisien.

“Terkait dengan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur, kami mengharapkan kompetensi aparatur harus ditingkatkan tidak ada cerita satu aplikasi direreyang oleh 3 atau 4 orang, justru harus sebaliknya 3 aplikasi cukup dikerjakan dikelola oleh satu orang ASN,” ucap Sekda saat memberikan materi Pembinaan dalam rangka Akselerasi Peningkatan Kinerja Perangkat Daerah, Kecamatan Cimanggung. Senin (30/11).

Oleh sebab itu, kata ia, agar ASN bisa mengerjakan 3 aplikasi sekaligus maka perlu ditingkatkan kompetensinya terutama kompetensi teknis agar berjalan efektif dan efisien.

“Sekarang sudah ada perampingan aparatur terutama aparatur yang memasuki masa pensiun, dari tahun 2019, 2020 dan tahun 2021 sebanyak 1.965 orang. Tetapi untuk pengadaan maksimal hanya 800 orang,” ucapnya.

Sehingga, lanjut Herman, ASN di Kabupaten Sumedang akan negatif groud atau pertumbuhannya negatif itu salah satu bentuk perampingan.

“Kita harapkan ASN kedepan semakin ramping dan semakin produktif tidak pemborosan,” tutupnya.

Seusai menyampaikan materi, Sekda menerima berbagai pertanyaan salahsatunya mengenai kejelasan nasib tenaga honorer operator ditiap Kecamatan. karena merasa terbantu dengan kinerja operator, khawatir mengikuti tes CPNS diluar dan diterima serta meminta agar Pemda memperhatikannya. Sekda pun menjawab pertanyaan itu dan akan mengupayakannya dan berkata ‘Mangga’. (tha).