Bupati Dony Akan Wujudkan Sumedang Jadi Kabupaten Pariwisata

oleh -

Sumedang – Bupati Sumedang Dr H Dony Ahmad Munir menegaskan bahwa dirinya tidak main-main untuk menjadikan wisata Sumedang menjadi wisata kelas dunia.

Hal itu terbukti saat Komisi X DPR RI melaksanakan kunjungan spesifik ke Kabupaten Sumedang, Jum’at (4/11).

Kedatangan rombongan Komisi X disambut oleh Seni Kuda Renggong dari Museum Prabu Geusan Ulun menuju Gedung Negara dan disambut oleh Bupati Sumedang beserta jajaran dengan mengalungkan kain batik khas Sumedang.

Tampak hadir Wakil Ketua Komisi X Dari Fraksi Partai Golkar, Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian beserta sederet anggota dewan lainnya yang mendampingi.

Dalam keterangan persnya, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengatakan, bahwa kedatangan salah satu komisi di DPR RI yang membidangi Pariwisata ini bermaksud untuk mendorong Sumedang sebagai Kabupaten Pariwisata.

Pasalnya kata Bupati dengan pariwisata yang bagus tentunya akan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Untuk mewujudkan pariwisata yang bagus tentu perlu aksesibilitas, atraksi dan amenitas yang bagus. Karena setiap kabupaten harus mempunyai ‘core business’ yang jelas untuk memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakatnya, maka kami telah berkomitmen menjadikan Sumedang sebagai Kabupaten Pariwisata,” kata Bupati.

Karenanya, kedatangan Komisi X DPR RI dan Deputi tentunya akan lebih menambah semangat (spirit) Pemerintah Daerah untuk mewujudkan pariwisata Sumedang berkelas dunia.

“Tekad kami ingin mengalahkan Banyuwangi. Jadi saya tegaskan kami akan kalahkan Banyuwangi,” tegas Bupati.

Sementara, Wakil Ketua Komis X DPR RI Hetifah Sjaifudian akan mendukung Pemkab Sumedang untuk menjadi Kabupaten Pariwisata.

Ia menilai Pimpinan Daerah di Sumedang mempunyai keinginan keras yang juga didukung oleh asosiasi dan lembaga.

“Kami merasa Sumedang memiliki potensi sumber daya yang bagus dan didukung program pemerintah yang bagus. Kami senang (Sumedang) banyak perkembangan. Sumedang menjadi salah satu pusat inovasi,” sebut Hetifah.

Dikatakan, dirinya telah melihat bagaimana cikal bakal Sumedang bisa menjadi Kabupaten Pariwisata. “Jadi pas sekali gitu. Apa yang kita pikirkan, ternyata di Sumedang sudah dirilis dengan baik,” katanya.

Hetifah menjelaskan, segala bentuk dukungan yang akan diberikan DPR RI yaitu, berupa political support.

“Bentuk dukungan yang akan kami berikan berupa dukungan politik seperti rencana dan regulasi,” pungkasnya. (jim)