Tak Gersang Lagi, 1.000 Pohon Hijaukan Lapang Sirkuit Tegalbokor

oleh -
TRI BUDI SATRIA/RADAR SUMEDANG SIMBOLIS: Camat Paseh Beni Satriaji (kanan) menerima bibit pohon secara simbolis dari Dinas Kehutanan Provinsi Jabar Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IX pada Jumat (11/12).

PASEH, RADARSUMEDANG.ID – Lapang Sirkuit Tegalbokor, di Desa Cijambe, Kecamatan Paseh yang selama ini masih terkesan gersang, kini siap menjadi kawasan hijau. Penanaman sekitar 1.000 bibit dari berbagai jenis pohon sudah dilakukan di area seluas sekitar 10 hektare pada Jumat (11/12).

Penanaman pohon dilakukan Dinas Kehutanan Provinsi Jabar Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IX bersama unsur Forkopimcam Paseh. Kegiatan itu turut melibatkan berbagai komunitas yang antara lain komunitas mobil, goes, motor dan pengusaha kayu serta masyarakat luas maupun pihak terkait lainnya.

Camat Paseh Beni Satriaji mengatakan, acara dilaksanakan dalam rangka Gerakan Nasional Pemulihan DAS, Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon Nasional. Selain itu juga dalam rangka gerakan tanam dan pelihara 50 juta pohon Jawa Barat dengan slogan ‘Pulihkan lahan membangun masa depan’.

“Harapannya, dengan penanaman tersebut tanah kritis yang terkesan gersang di sekitar Lapang Sirkuit Tegalbokor, menjadi hijau dan subur serta membawa dampak positif bagi masyarakat karena menghasilkan. Yang terancam gundul menjadi rimbun hijau,” terang Beni. Di antara bibit pohon yang ditanam itu berupa buah-buahan jengkol, alpukat, mangga dan produksi lainnya. (tri)