BPJS Kesehatan Gelar Sosialisasi PCar Vaksinasi se-Kab Majalengka

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 2021, BPJS Kesehatan Cabang Sumedang menggelar sosialisasi aplikasi Primary Care (PCare) Vaksinasi bersama seluruh Puskesmas se-Kabupaten Majalengka pada Kamis (17/12).

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Sumedang, Rise Gurtikayani, menyatakan bahwa tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran penggunaan dan fungsi dari aplikasi PCare Vaksinasi yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan.

Rise menambahkan, aplikasi PCare Vaksinasi nantinya akan digunakan sebagai media untuk melakukan pencatatan pemberian vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat Indonesia sehingga seluruh data pelaksanaan vaksinasi akan tercatat dengan baik. Aplikasi P-Care versi Vaksin Covid-19 milik BPJS Kesehatan akan mendukung proses registrasi sasaran penerima vaksin, screening status kesehatan, serta mencatat dan melaporkan hasil pelayanan vaksinasi Covid-19.

“Kami harapkan setelah acara sosialisasi ini nanti agar para PIC PCare Vaksin ini akan dapat saling berkoordinasi guna proses entry, skrining, serta pemberian vaksinasi yang nantinya secara keseluruhan dan komprehensif akan di-entry dalam aplikasi PCare Vaksin ini,” tutur Rise dalam kegiatan yang dilaksanakan secara daring tersebut.

Adapun untuk pembagian user aplikasi PCare Vaksinasi ini, Rise menyebutkan bahwa nantinya akan terbagi ke dalam 2 user, yaitu user Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan juga user Fasilitas Kesehatan (Faskes).

“Untuk user faskes, nantinya akan terbagi menjadi 3 lagi, yaitu user petugas registrasi, user petugas screening, dan user petugas vaksinasi” tutur Rise.

Sedangkan persyaratan bagi faskes pelaksana pelayanan vaksinasi Covid-19 yaitu, memiliki tenaga kesehatan pelaksana vaksinasi, memiliki fasilitas penyimpanan vaksin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, memiliki izin operasional Fasilitas Pelayanan Kesehatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dan memiliki aplikasi yang dapat terhubung dengan Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19.

Selain itu, Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Emay Kusmayati, menyatakan bahwa pihaknya, dan juga Dinas Kesehatan seluruh kabupaten akan melakukan pendataan dan memastikan kesiapan faskes-faskes yang nantinya diharapkan akan dapat melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 ini.

“Contohnya dipuskesmas, beberapa kriterianya adalah adanya petugas yang sudah terlatih untuk melakukan kegiatan vaksinasi ini. Kita juga memastikan agar faskes memiliki tempat penyimpanan vaksin, serta terdapat lokasi khusus untuk melakukan vaksinasi,” tutup Emay.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, turut hadir perwakilan Puskesmas dari seluruh kabupaten dalam wilayah kerja BPJS Kabupaten Majalengka yaitu Semua Puskesmas hadir juga termasuk Klinik Pratama Majalengka, Klinik TNI AU Skes Majalengka dan Dinas Kesehatan. (isl/rls).