Pilkades di Cipelang Draw, Panitia Gunakan Perbup No 75 Tahun 2015

oleh -

UJUNGJAYA, RADARSUMEDANG.ID – Pilkades serentak di Desa Cipelang, Kecamatan Ujungjaya menghasilkan perolehan suara yang imbang dari dua calon.

Diketahui, dari tiga calon yang berlaga pada kontesasi Pilkades serentak di Desa Cipelang, ada dua calon yang mendapatkan hasil suara dengan angka yang sama yakni 449 suara.

Dua calon itu adalah Yusuf Syarifudin nomor urut 1 dan Wowo Karnawi nomor urut 3.

Alhasil sebagaimana diatur dalam peraturan mengenai Pilkades, jika ditemukan adanya jumlah suara yang imbang (draw) dalam tahapan penghitungan suara di Pilkades maka akan ditentukan melalui sebaran suara di masing-masing dusun.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Sumedang, H. Nuryadin mengatakan, hasil draw dalam Pilkades memang biasa terjadi di Sumedang.

Oleh sebab itu, pihaknya telah memberikan arahan kepada panitia Pilkades di Desa Cipelang supaya berpegang pada Perbup 113/2017 atas perubahan Perbup 74/2015 tentang Pilkades.

“Jadi dalam perbup itu diatur bagiamana sikap panitia Pilkades saat terjadi draw suara sehingga yang terjadi di Cipelang itu, dari perolehan suara akan dilihat titik penyebarannya per TPS,” kata Nuryadin kepada Radar Sumedang di Kantor DPMD, Kamis (17/12).

Dari total 5 TPS lanjut Nuryadin, maka panitia harus melihat sejauh mana perolehan suara di masing-masing TPS.

Pasalnya sebagaimana yang terlampir dalam pasal 39 ayat 2 – 4 yang berbunyi, calon terpilih ditetapkan berdasarkan suara terbanyak pada TPS dengan jumlah pemilih terbanyak yang menggunakan hak suaranya.

Wilayah perolehan suara yang lebih luas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3) adalah perolehan suara terbanyak pada tiap Dusun.

Jika perolehan suara salah satu calon mendominasi beberapa TPS dibandingkan satu calon lainnya. Maka dipastikan calon yang memperoleh suara terbanyak di masing-masing TPS menjadi calon terpilih, meskipun hasilnya draw.

“Makannya kemarin itu saya arahkan coba dari dua calon itu siapa yang mendominasi di di lima TPS itu. Akhirnya ketemu calon nomor satu yang mendominasi di lima TPS dibanding calon nomor tiga,” ujarnya.

Lebih lanjut sambung Nuryadin, dalam hal ini pelaksanaan Pilkades serentak di Sumedang berjalan lancar sesuai dengan harapan pemerintah yakni aman, lancar, damai dan terbebas dari Covid-19.

Selain menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin serta keberhasilan mengatur penjadwalan hak pilih, partisipasi pemilih juga dipastikan tinggi meskipun secara keseluruhan data se-kabupaten belum masuk di meja DPMD.

“Alhamdulillah sejauh ini kami belum menerima keluhan atau aduan dari pihak mana pun. Karena usai nyoblos masyarakat juga langsung pulang sehingga saat pleno di TPS nyaman enggak banyak orang. Dan sekarang kita masih ngolah data-data yang masuk,” terangnya seraya menyebut, untuk sementara tingkat partisipasi pemilih mencapai 79-80 persen. (jim)