Berkali-kali Ditertibkan Satpol PP, PKL di Cadas Pangeran Ngeyel Tetap Berjualan

oleh -

PAMULIHAN,RADARSUMEDANG.ID – Satpol PP Kabupaten Sumedang menertibkan para pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang jalan Cadas Pangeran, Selasa (22/12).

Dikonfirmasi, Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Tibumtranmas) pada Satpol PP Kabupaten, Hilman Abdilah mengatakan, penertiban dilakukan lantaran para PKL telah melanggar Perda 7/2014 tentang penyelanggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

“Iya betul, hari ini kami telah melakukan giat patroli Tibumtranmas kepada para PKL yang biasa berjualan di bahu Jalan Cadas Pangeran. Selain melanggar Perda, tentu disisi lain juga sangat membahayakan diri pribadi dari kendaraan bermotor yang melintas,” kata Hilman kepada Radar Sumedang, Selasa (22/12).

Adapun kata Hilman berdasarkan hasil patroli, sedikitnya ada 6 lapak PKL yang diedukasi supaya tidak berjualan lagi di kawasan tersebut. Terlebih Cadas Pangeran kata Hilman masuk dalam jalur hijau (tempat yang ditanami rumput dan tanaman, yang dapat berfungsi menyegarkan hawa dalam kota).

“Dalam Perda itu jelas diatur di Bab 5, setiap orang dilarang menjajakan barang dagangan, membagikan selebaran atau melakukan usaha-usaha tertentu dengan mengharapkan imbalan dijalan, jalur hijau, taman, hutan kota, trotoar dan tempat-tempat umum. Oleh sebab itu kami minta jangan berjualan lagi, karena membahayakan dirinya sendiri maupun pengguna jalan,” ujarnya. (jim)