Bupati Lantik 80 Kades Terpilih Secara Virtual, 8 Kades Langsung Dari Gedung Negara

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir melantik 88 orang Kepala Desa terpilih hasil Pilkades serentak gelombang III tahun 2020 secara virtual, Rabu (23/12).

Pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji dipusatkan di Gedung Negara dengan sampel 8 orang kepala desa dari 3 Kecamatan di Sumedang, yakni Sumedang Utara, Sumedang Selatan dan

Sedangkan untuk 80 orang kepala desa terpilih lainnya dilantik secara virtual di masing-masing kecamatan.

Ia berpesan kepada para Kepala Desa yang dilantik dan diambil sumpah janji itu supaya berkaca pada kejadian para kepala desa yang telah tersandung kasus hukum.

“Jadi tadi saya tekankan, setelah dilantik ini jabatan harus jadi berkah, bukan jadi musibah,” ucap Bupati.

Dirinya juga berpesan bahwa yang mesti dilakukan oleh kepala desa selain meluruskan niat dan ibadah adalah laksanakan aturan dengan sebaik-baiknya, permudah urusan rakyat, membuat inovasi dan mencetak sejarah atau warisan untuk masyarakat.

“Jadi lima pesan itu kalau dilaksanakan dengan baik insyaallah kepala desa akan punya warisan untuk anak cucunya kelak. Jadi ketika anak atau keluarganya pencarian di google nama kepala desa itu ada dan beritanya bangus kan jadi kebanggaan,” ujarnya.

Bupati juga menambahkan, berkaitan dengan tugas yang diberikan kepala desa semua mesti tercatat dalam SAKIP Desa yang mengarahkan tata kelola pemerintahan, tata kelola kegiatan, pengelolaan anggaran yang berorientasi pada hasil.

“Dalam SAKIP Desa, Desa tersebut harus mampu menurunkan angka kemiskinan, angka stunting dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kalau tidak ada kegiatan yang berdampak pada hasil, maka jangan di ACC oleh kadesnya,” ucapnya seraya berkata diarahkan oleh DPMD. (jim)