Septi Ungkapkan Rasa Bangga Jadi Peserta JKN-KIS

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sangat besar manfaatnya di tengah kondisi pandemi Covid-19. Hal ini akan berdampak pada melumpuhnya perekonomian dari berbagai sektor, sehingga memiliki jaminan kesehatan sangat penting.

Salah satu peserta JKN-KIS, Septi Wulan Purnamasari (23) bertempat tinggal Cipancar Sumedang Selatan mengungkapkan bangga dan bersyukur telah menjadi peserta JKN-KIS di tengah situasi pandemi, pasalnya ia mau persiapan melahirkan menggunakan JKN-KIS menjelang saat persalinan anak pertamanya.

“Dari awal kehamilan, saya sudah mempercayakan kesehatan saya dan janin dalam kandungan saya di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat saya terdaftar. Namun karena ada beberapa kendala yang harus mendapat tindakan khusus, maka saya harus dirujuk ke rumah sakit untuk kosultasi menjelang melahirkan,” tuturnya dengan penuh semangat.

Ia pun mengungkapkan bahwa dirinya tidak pernah ragu menggunakan jaminan kesehatan dari JKN-KIS ini, dirinya mengakui bahwa pelayanan yang ia peroleh sangat baik, semua petugas di rumah sakit melayaninya dengan sangat sangat baik, ramah dan pengertian, sehingga dirinya merasa sangat nyaman seandainya melahirkan di rumah sakit menggunakan JKN-KIS.

Selain merasa puas dengan pelayanan yang diberikan di fasilitas kesehatan, ia pun merasa sangat terbantu oleh program pemerintah yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini, karena dirinya sempat merasa khawatir akan biaya persalinannya, ia merasa tidak memiliki tabungan yang cukup, apalagi ia sempat mendengar kabar bahwa persalinan tidak ditanggung lagi oleh BPJS Kesehatan, ternyata kabar tersebut tidak benar, Septi pekerja Koperasi Kesehatan Pekerja Penerima Upah (PPU) haknya di kelas dua, sambil tersenyum merasa bangga sebagai peserta BPJS.

“Saya merasa sangat terbantu dengan adanya program ini, apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19 ini. Program JKN-KIS merupakan bentuk nyata peran pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Semoga Program JKN-KIS ke depannya semakin memberikan manfaat bagi masyarakat karena banyak masyarakat yang tertolong dari program ini,” tuturnya.

Berbekal dari pengalaman yang diceritakan Septi tersebut, dirinya dan keluarga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pemerintah yang telah mencanangkan Program JKN-KIS, juga kepada BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program dan fasilitas kesehatan yang telah memberikan pelayanan dengan baik pula. (Isl/rls)