Pohon Kipasang Tumbang, Akses Menuju Dayeh Luhur Sempat Tertutup

oleh -

GAMEAS,RADARSUMEDANG.ID – Sebuah pohon jenis kipasang di Dusun Dayeuhluhur Desa Dayeuhluhur Kecamatan Ganeas tumbang, Rabu (30/12/2020).

Pohon tumbang tersebut menimpa kabel listrik, kabel optik, dan kabel lampu penerangan jalan umum, serta menutup akses jalan Dayeuhluhur-Ganeas.

Kasie Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sumedang, Yedi menuturkan, berdasarkan laporan warga pohon tersebut tumbang sekitar pukul 17.00 WIB.

“Pohon tumbang disebabkan hujan dengan intensitas sedang disertai angin kencang,” katanya.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun lalu lintas di lokasi kejadian sempat tidak bisa dilewati kendaraan bermotor.

Adapun upaya yang dilakukan Pusdalops BPBD Kabupaten Sumedang dan PLN Kabupaten Sumedang melakukan asesment ke lokasi, dan mencoba membuka akses jalan dengan cara memotong pohon yang melintang tersebut.

“Respon dari masyarakat beserta pemerintahan setempat sangat baik. Kami semua bersinergi saling membantu untuk membuka akses jalan agar bisa dilalui kembali,” ucapnya.

Sementara itu, kata Yedi, aliran listrik ke Desa Dayeuhluhur sempat mengalami pemadaman, dengan tujuan agar proses evakuasi berjalan aman dan lancar.
Proses evakuasi selesai dilakukan sekitar pukul 20.00 WIB.

“Jalan sudah bisa dilalui kembali, dan listrik sudah kembali dinyalakan,” ujarnya. (gun)