Jadi PPAT Paling Tertib, M Ilham Dapat Penghargaan Dari Bupati

oleh -
Muhammad Ilham Ramdhan Putra, Notaris Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), meraih penghargaan Bupati Sumedang dalam kontribusinya sebagai Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) tertib administrasi pelaporan BPHTB tahun 2020, dengan jumlah Rp. 2.366.180.650,-

RADARSUMEDANG.ID – Dari puluhan pejabat pembuat akta tanah (PPAT) yang dinyatakan tertib administrasi pelaporan BPTHB 2020, rupanya salah seorang PPAT yakni Muhamad Ilham Ramadhan Putra (30).

Diketahui dirinya menjadi satu-satunya notaris PPAT yang diapresiasi oleh Bupati Sumedang dalam giat piagam penghargaan dan hadiah kepada wajib pajak penggerak taat pajak penggerak taat pajak kecamatan desa dan kelurahan dalam pemungutan pajak daerah kabupaten Sumedang tahun 2020 di lapangan upacara Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang, Senin (28/12/2020).

Pasalnya, Ilham yang bekerjasama dengan pihak perbankan (BTN) melalui perumahan subsidi semenjak adanya pembangunan tol Cisumdawu telah banyak menyumbangkan PAD yang jika dijumlahkan keseluruhan mencapai Rp. 2,3 miliyar untuk pajak BPHTB.

“Tentunya sangat senang sekali karena selama dia tahun menjabat sebagai notaris, saya sudah mendapat penghargaan,” ucap Ilham kepada Radar Sumedang usai menerima penghargaan.

Ia berharap tahun depan hasil kerjanya kedepan bisa kembali berbuah manis juga menghasilkan lebih banyak PAD untuk Kabupaten Sumedang.

“Jadi perlu diketahui di Sumedang sendiri semenjak ada pembangunan tol Cisumdawu. Ini lagi ramai perumahan subsidi, dan itu hampir seluruh kecamatan ada perumahan subsidi. Alhamdulillah karena perbankan support perumahan (kuota 10.000), saya yang meng-akadkan perumahan itu di Sumedang,” ujarnya.

Disebutkan Ilham di tahun 2020 ini dirinya menjadi penyumbang terbesar PAD dari pajak BPHTB.

“Jadi setiap ada jual beli tanah untuk pengembangan AJB harus ada pajak dari pembeli. Jadi jumlah Rp. 2,3 miliyar ini bersumber dari pajak pembeli atau BPHTB,” jelasnya. (jim)