Erwan Mengaku Prihatin Tahun 2021 Bantuan ke Pontren Berkurang, Termasuk Insentif Guru Ngaji Hilang

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan mengaku prihatin lantaran bantuan-bantuan ke pondok pesantren tahun ini berkurang dan sangat jauh dari mencukupi.

Ia jutsru berharap bantuan untuk pondok pesantren di tahun 2021 ini sejatinya mesti naik, mengingat anggaran untuk tahun 2020 mengalami penurunan dibandingkan tahun 2019 lalu.

“Terus terang begitu mendengar laporan dari ketua Forum Pondok Pesantren, saya merasa prihatin. Yang mana anggaran tahun 2020 Rp 195 juta atau lebih kecil dibandingkan tahun 2019 yang mencapai Rp 250 juta,” kata Erwan belum lama ini saat menghadiri sebuah acara di kompleks Islamic Center.

Diakuinya, pada tahun 2020 karena pandemi covid 19 banyak anggaran yang terkena recofusing. Namun demikian untuk anggaran pondok pesantren idealnya merupakan sebuah pengecualian.

“Untuk anggaran pembanguan fisik bisa dipangkas dan pembangunan ditunda. Namun kalau bantuan untuk ponpes tidak bisa dikurangi, apalagi saat ini insentif untuk ustadz juga tidak ada,” ujarnya.

Alhasil, dirinya berjanji akan membicarakan hal tersebut dengan Bupati terkait bantuan untuk pondok pesantren yang ada di Sumedang.

“Nanti saya dan pa bupati akan buat regulasinya sehingga bantuan ke ponpes menjadi lebih baik lagi,” katanya. (jim)