Tiga Desa di Cimalaka Terima Pembayaran Ganti Rugi Tol Cisumdawu

oleh -

CIMALAKA,RADARSUMEDANG – Pemerintah Desa Cibereum Kulon bersama Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sumedang melaksnakan kegiatan Pembayaran uang ganti kerugian dan pelepasan hak untuk pengadaan tanah pembangunan jalan tol Cisumdawu di Kabupaten Sumedang, Selasa (5/1).

PPK Lahan Cisumdawu II, Wisnu Priambodo yang turun langsung menemui warga mengatakan, sedikitnya per hari ini ada 32 bidang tanah yang dibayarkan dari 3 desa di Cimalaka untuk seksi 4 yakni, Mandalaherang, Cibeureum Wetan dan Cibeureum Kulon.

“Alhamdulillah hari ini di tiga desa berjalan lancar dan semuanya hadir. Meskipun tadi ada satu yang sedang sakit stroke tetap kami layani, padahal bisa saja kami jemput bola ke rumahnya,” kata Wisnu kepada Radar Sumedang di sela kegiatan di Gedung Serbaguna Desa Cibeureum Kulon.

Ia berharap pembayaran uang ganti kerugian dan pelepasan hak untuk pengadaan tanah pembangunan jalan tol Cisumdawu ini, setidaknya bisa meringankan beban masyarakat agar lebih sejahtera.

Sejauh ini kata Wisnu, dalam proses ini pihaknya tidak begitu signifikan. Hanya saja untuk saat ini tinggal 14 Surat Perintah Pembayaran (SPP) lagi di seksi lima yakni conggeang dan Paseh lantaran belum ada persetujuan dari Elman.

“Semoga dalam waktu satu minggu kedepan akan segera cair semua. Karena seksi lima baru tiga desa yakni Babakan asem, Karang Layung dan Desa Jambu dan secara progres sudah mulai bagus,” ujarnya.

Senada Camat Cimalaka, Asep Aan Dahlan menuturkan, bahwa pembayaran ganti rugi ini diperuntukan bagi yang terkena dampak ruas jalan Tol Cisumdawu.

Penggantian pengadaan tanah ini lanjut dia merupakan tahap kedua, setelah sebelumnya juga dilakukan hal yang sama.

“Demi kelancaran administrasi, para pemilik tanah diharapkan mempersiapkan dokumen asli berupa sertifikat, akte jual beli, akte hibah, akte pembagian hak bersama, SPPT, Girik, KTP, KK. Juga diharapkan kepada warga tetap memperhatikan protokol kesehatan dan menjauhi kerumunan dengan menjaga jarak,” tuturnya. (jim)