Kades Cibeureumkulon Ngontrol Galian Tampomas

oleh -
TRI BUDI SATRIA/RADAR SUMEDANG MENGONTROL: Kades Cibeureumkulon, Kecamatan Cimalaka Gun Gun Turganda (kedua dari kanan) turun langsung mengontrol aktivitas penambangan Sirtu galian C kaki Gunung Tampomas di wilayah administrasinya pada Kamis (7/1).

CIMALAKA, RADARSUMEDANG.ID – Setelah resmi dilantik beberapa hari lalu, untuk pertama kalinya Kades Cibeureumkulon, Kecamatan Cimalaka Gun Gun Turganda turun langsung mengontrol aktivitas penambangan pasir batu (Sirtu) galian C kaki Gunung Tampomas di wilayah administrasinya pada Kamis (7/1). Kunjungan kerja ke lapangan itu turut didampingi unsur Tripides Cibeureumkulon.

Gun Gun mengingatkan kepada para pekerja galian C disana, agar tetap mengikuti aturan yang berlaku. “Bagi yang tidak memiliki ijin, supaya ijinnya dilengkapi dulu. Bagi yang masa ijinnya sudah habis, jangan dulu melakukan aktivitas sebelum ijinnya diperpanjang kembali. Sedangkan yang sudah lengkap perijinannya, agar memajang papan pengumuman di area galian sebagai bukti ijinnya sudah lengkap,” jelasnya.

Pihaknya mencatat terdapat sekitar delapan pengusaha galian C yang melakukan aktivitas penambangan Sirtu di wilayah Cibeureumkulon. “Kami juga menyayangkan masih ada para pekerja disana yang tidak dilengkapi dengan APD (alat pelindung diri). Ini supaya menjadi perhatian lebih serius bagi pengusahanya demi keselamatan dan kesehatan para karyawan atau pekerja di lapangan,” terang Gun Gun.

Menurutnya, kepala tekhnik tambang (KTT) harus ada di setiap titik lokasi aktivitas penambangan. “Kami juga turun mengontrol karena ada laporan dari warga mengenai indikasi longsor di sekitaran galian, maka kami cek langsung ke lapangan,” tandasnya. (tri)