Belum Tersentuh Bantuan, Puluhan Pengungsi Tidur Di Teras Rumah

oleh -
BANTUAN : Puluhan pengungsi terpaksa tidur di teras rumah, mereka memerlukan bantuan seperti tempat tidur dan makanan.

CIMANGGUNG,RADARSUMEDANG.ID – Puluhan pengungsi korban musibah tanah longsor Perum Pondok Daud Bojongkondang Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung mengaku belum tersentuh bantuan dari pihak terkait. Puluhan pengungsi tersebut terpaksa mengungsi ke rumah saudara tak jauh dari tempat tinggal meter.

Salah seorang pengungsi, Ayu (27) mengaku membutuhkan bantuan berupa tempat tidur, makanan bayi, dan keperluan bayi lainnya. Nur bersama puluhan pengungsi lainnya terpaksa tidur teras depan rumah karena keterbatasan tempat.
“Sejak kejadian langsung ngungsi ke sini, tidur di sini (luar) semua, kalau hujan juga,” kata Nur, Senin (11/1) malam.

Ayu sendiri mengungsi bersama dua anaknya yang masih kecil, salah satunya masih berusia 10 bulan. Ia mengaku baru mendapat bantuan nasi bungkus.
“Ini juga anak suka rewel, mungkin karena di rumah orang, sudah mulai sakit demam, pilek, kakaknya juga sedang sakit,” ucapnya.

Pengungsi lainnya, Nur juga mengaku belum mendapat bantuan dari pihak pemerintah. Ia mengatakan belum tahu sampai kapan akan mengungsi.
“Sama sekali belum dapat. Semoga cepat selesai biar bisa pulang dan beraktivitas lagi,” ucapnya.

Pemilik rumah, Neng (50) mengaku prihatin kepada para korban longsor tersebut. Ia pun merelakan rumahnya dijadikan tempat pengungsian korban longsor. Menurutnya, setidaknya ada 30 jiwa terdiri dari KK yang mengungsi di tempat tinggalnya.

“Semuanya pada tidur di luar termasuk saya, yang lain di luar masa saya di dalam,” ujarnya.

Mereka berharap kondisi kembali normal sehingga mereka bisa kembali beraktivitas seperti biasa lagi. (gun)