Sekda Apresiasi Relawan Pramuka Kwarcab Sumedang

oleh -
Sekertaris Daerah Kab Sumedang Herman Suryatman saat bertemu dengan ketua Kwarda Jabar Atalia Praratya yang sama sama mengunjungi posko relawan Pramuka

RADARSUMEDANG.ID – Sekertaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman mengapresiasi para relawan dari Pramuka Kwarcab Sumedang yang ikut terlibat dalam penanganan Bencana Tanah Longsor di Perum Pondok Daud Rt 03/10 Dusun Bojongkondang Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung, Kab Sumedang.

“Saya sangat mengapresiasi dan tadi saya memberikan informasi terkait progres penanganan darurat bencana, terutama fokus pada pencarian dan evakuasi korban, serta penanganan pengungsian,” ujar Herman Suryatman kepada radarsumedang.id.

Lebih lanjut, Ia berharap Pramuka bisa memberikan kontribusi dalam mengoptimalkan penanganan pengungsi, misalnya penyediaan dan distribusi logistik.

“Pramuka bisa menyediakan dan mendistribusikan logistik bagi para pengungsi yang tidak terkcakup oleh Posko utama, misalnya pengungsi yang tinggal di rumah-rumah warga,” sebutnya.

Selain itu, Pramuka juga bisa melakukan
trauma healing bagi para pengungsi dan edukasi ceria untuk anak-anak di pengungsian.

“Pramuka ini pandai dalam hal bernyanyi, bermain dan juga mengajak anak-anak untuk bergembira jadi saya juga menyarankan pramuka bisa berkontribusi juga di pengungsian,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Harian Kwarcab Sumedang H Dedi Hermawan Charis sangat berterimakasih kepada Sekda Sumedang yang menyempatkan berkunjung ke Posko Pramuka dan Ia pun sangat merespon apa yang disampaikan oleh Sekda untuk mengoptimalkan penanganan bencana longsor di Cimanggung.

“Alhamdulilah sejak dari awal kejadian longsor, anggota pramuka kita langsung diperbantukan untuk melakukan penanganan bencana longsor ini, ada yang ikut melakukan pencarian korban, ada yang di dapur umum, ada yang di posko utama, ada yang mengumpulkan dan mendistribusikan logistik hingga kegiatan trauma healing di posko pengungsi,” sebutnya.

Lebih lanjut, kata Dedi, saat ini posko relawan Pramuka yang asalnya di daerah Cipareag kini pindah ke Sekertariat PGRI Kec Cimanggung hal itu untuk lebih mengoptimalkan kegiatan yang dilaksanakan oleh Relawan Pramuka.

“Mulai hari ini kita akan lebih di optimalkan untuk membantu di tenda pengungsian dengan memberikan trauma healing dan juga pendistribusian logistik, dan untuk penanganan di posko utama serta di lokasi pencarian korban sudah ada rekan-rekan kami dari Kwarda Jabar sesuai dengan keahliannya,” ucapnya. (Isl).