PANDAWA Bantu Masyarakat Akses Pelayanan BPJS Kesehatan

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – BPJS Kesehatan Cabang Sumedang terus mengoptimalisai penggunaan layanan digital yang bisa membantu peserta dalam mengakses pelayanan di tengah masa pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sumedang Dwierdiana menjelaskan bahwa kehadiran Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) ini untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan administrasi BPJS Kesehatan di tengah pandemi Covid-19, juga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Sumedang.

“PANDAWA ini merupakan salah satu layanan alternatif kami yang dapat memudahkan pelayanan bagi peserta JKN-KIS, apalagi saat ini hampir semua kalangan mempunyai media sosial WhatsApp (WA). Jadi dengan layanan PANDAWA yang tanpa tatap muka ini kami harapkan dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19,” ungkap Dwierdiana, Selasa (19/01).

Dwi juga menambahkan adapun layanan administrasi yang dapat dilayani melalui PANDAWA antara lain daftar baru, tambah anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, ubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda dan pengaktifan kembali kartu.

“Semua layanan itu bisa diakses masyarakat melalui nomor WA di 08212024069. Jadi prosesnya cukup mudah kita hanya mengirimkan teks seperti biasa di nomor WA tersebut tunggu sampai petugas kami memberikan balasan dan terjadi percakapan serta arahan selanjutnya dari petugas kami. Layanan ini hanya akan diproses dan dibalas saat jam kerja mulai dari pukul 08.00 pagi sampai jam 14.00 siang,” jelas Dwierdiana.

Sementara itu, Jatmika, seorang juru parkir di dekat kantor BPJS Kesehatan, mengatakan ia telah mencoba layanan PANDAWA. Menurutnya layanan PANDAWA ini sangat memudahkannya dan sangat cepat respon.

“Jujur awalnya agak ragu apa bisa keperluan saya dilayani atau tidak, ternyata bisa dan sangat mudah, fast respon lagi. Menurut saya sangat membantu sekali, terlebih saat ini kita harus mengurangi tatap muka secara langsung dengan orang lain. Inovasi yang sangat baik, sukses BPJS Kesehatan,” ungkap Jatmika.

Selain PANDAWA, beberapa aplikasi yang ditawarkan BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta JKN-KIS adalah aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, Chat Assistant JKN (Chika) dan Voice Interaktive JKN (Vika), dan saat ini BPJS Kesehatan Cabang Sumedang. (Rls/isl)