Pilkades 2021, Petahana Tak Perlu Mengundurkan Diri Cukup Cuti Saja

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang memastikan, tahun ini pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak akan kembali digelar.

Dikonfirmasi, Kabid Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Sumedang H. Nuryadin mengatakan, Pilkades tahun 2021 di Sumedang dijadwalkan pada 5 November 2021.

Menariknya kata Nuryadin, Pilkades tahun ini memungkinkan Kades petahana yang akan kembali mencalonkan tak harus mengundurkan diri. Melainkan hanya diharuskan cuti pada tahapan pendaftaran.

“Jadi kades petahana yang akan mencalonkan kembali pada Pilkades 5 November nanti tidak usah mundur. Cukup cuti saja pada saat pendaftaran hingga penghitungan hasil. Sehingga nanti tidak diperlukan lagi adanya pejabat sementara (Pjs) Kepala Desa,” ucap Nuryadin kepada Radar Sumedang saat menghadiri sebuah acara di Desa Mandalaherang, Cimalaka.

Kendati demikian lanjut Nuryadin, Pjs bisa diberhentikan manakala Pjs yang bersangkutan meninggal dunia atau diberhentikan.

Ia juga memastikan, bahwa regulasi Pilkades 2021 tengah dirancang dalam bentuk Peraturan Bupati (Perbup) sehingga sesuai dengan aturan Perda 6/2014 tentang desa, bahwa enam bulan sebelum habis masa jabatan BPD berkewajiban memberikan surat kepada kepala desa yang habis jabatan.

“Jika merujuk hal itu enam bulan sebelum habis masa jabatan kepala desa yang akan Pilkades tahun ini yaitu tepat pada tanggal 9 November 2021. Sehingga diperkirakan tahapan awal itu pada Mei 2021, terutama untuk persiapan pembentukan panitia,” ujarnya.

Sementara untuk penjadwalan hari H pencoblosan dijadwalkan pada bulan September 2021.

“Waktunya nanti akan keluar SK Bupati tanggal berapa tahapannya, dan seperti apa. Sehingga pas tanggal 5 November nanti itu diadakan pelantikan. Jadi itulah rencana kita untuk taun 2021,” jelasnya. (jim)