Lima Posko Pengungsian Korban Longsor Cimanggung Dipasang Wifi Gratis

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Lima posko longsor Kampung Bojongkondang Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung dipasangi fasilitas internet gratis oleh Pemkab Sumedang, melalui Dinas Komunikasi Informasi, Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik).

Kepala Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri menyebutkan, lima posko yang dipasang fasilitas internet gratis yakni posko utama SMAN Cimanggung, posko penyintas Taman Burung Perumahan SBG, Madrasah Fatimah Azzahra, SDN Cipareuag dan Madrasah Al Hidayah.

“Tujuan dipasangnya fasilitas internet ini untuk memudahkan dan mempercepat dalam memantau situasi terkini. Baik itu jumlah pengungsi, bantuan dan hal yang berkaitan dengan penanganan bencana ini,” ujar Iwa, Minggu (24/1/2021).

Selain itu, kata Iwa, internet gratis dipasang agar pengungsi merasa betah.
Kemudian, tujuan lainnya, agar penyampaian sumber informasi kepada masyarakat terkait penanganan longsor tersebut bisa lebih cepat, efektif, dan datanya bisa valid.

“Kami pasang wifi di lima titik lokasi, semuanya dari pentahelix PT. Telkom. Dengan menggunakan modem di SDN Cipareuag dan SD Al Hidayah, karena disana tidak ada jaringan, itu kami beri 50 giga byte,” katanya.

Kemudian, untuk posko utama SMAN Cimanggung, Lapang Taman Burung Perumhan SBG, Madrasah Fatimah Azzahra sudah terdapat jaringan, sehingga tinggal dipasangi wifi.

“Hanya untuk yang pakai modem ini kekuatan harus ditambah, karena sering digunakan untuk video converence (vicon),” tuturnya. (gun)