Polisi Lakukan Penyekatan Cegah Sunmori di Lingkar Timur Jatigede

oleh -

JATIGEDE,RADARSUMEDANG.ID – Jajaran Polsek Jatigede dibantu Satuan Polisi Pamong Praja dan unsur Dinas Perhubungan melalukan penyekatan ruas jalan menuju lingkar timur Jatigede.
Penyekatan dilakukan di dua titik akses masuk jalan lingkar timur, antara lain di pertigaan Pamoyanan, Desa Cipicung, Kecamatan Jatigede. Juga di pertigaan Cibala Desa Sarimekar Kecamatan Jatinunggal.

Kapolsek Jatinunggal, AKP Adang Rohana menegaskan, kegiatan penyekatan tersebut merupakan langkah antisipasi pihak kepolisian terhadap aktivitas sunmori (sunday morning rider) yang beberapa waktu lalu diwarnai aksi ugal-ugalan oknum pemotor bergerombol hingga menyebabkan tertabraknya warga di Burujul, Desa Jemah hingga meninggal dunia.

“Kami lakukan antisipasi terkait potensi membahayakan dari para pemotor yang melakukan konvoi. Dengan penyekatan diharapkan tidak ada lagi aktivitas pemotor yang membahayakan,” ujar Adang di Jatigede , Minggu (24/1).

Adang menyebutkan, operasi penyekatan diberlakukan kepada pemotor yang berpotensi bergerombol atau konvoi. Kepada pengemudi motor yang berpotensi konvoi tersebut, pihak kepolisian langsung memerintahkan kembali dan tidak boleh masuk ke akses jalan lingkar timur Jatigede.

“CB (cara bertindak)nya melakukan penyekatan bagi pengemudi sepeda motor yang terlihat konvoi yang akan masuk ke jalan lingkar timur untuk hari ini di suruh kembali lagi begitupun yang dari arah Cibala, Jatinunggal,” tuturnya.

Namun demikian, Adang mengatakan, penyekatan tidak diberlakukan bagi pengemudi motor yang hendak wisata ke wilayah perairan Waduk Jatigede. Namun sebelum masuk wilayah lingkar timur, pengemudi motor diberikan arahan agar tidak melakukan aksi ugal-ugalan di jalan serta mematuhi protokol kesehatan covid-19.

“(Pengemudi motor yang hendak wisata) Boleh (masuk wilayah lingkar timutr), tidak ada masalah, silahkan tidak ada larangan masuk yang penting mereka para pengunjung khususnya sepeda motor, jangan bergerombol, kumpul kumpul dan selalu mematuhi protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumuman dan membatasi mobilitas,” ujarnya.

Adang juga menambahkan adanya kegiatan operasi penyekatan, lalu lintas ke wilayah lingkar timur Jatigede menjadi teratur sehingga lalu lintas tertib

“Intinya kami ingin warga sepanjang jalan lingkar tidak resah. Kemudian tidak ada lagi pemotor yang ugal-ugalan apalagi sampai ada korban kecelakaan lalu lintas,” katanya.

Adang juga menyampaikan pihak kepolisian siap mengamankan titik-titik wisata di wilayah perairan Waduk Jatigede. Termasuk pada masa pandemi ini, pihak kepolisian juga tetap memantau agar tidak ada kerumunan di tempat wisata Jatigede. (gun)