Covid-19 Terus Meningkat, Polres Sumedang Libatkan Delman Ingatkan Prokes

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Polres Sumedang melibatkan delman dalam melakukan sosialisasi protokol kesehatan, terkait penyebaran Covid-19 yang terus mengalami peningkatan.

Pantauan di lapangan, Selasa (26/1/2021) sejumlah delman dipasangi alat pengeras suara di bagian atas atas. Alat tersebut mengeluarkan suara ajakan kepada masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, agar lebih menarik, delman juga dihias sedemikian rupa.

Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto menuturkan, delman dinilai lebih efektif untuk melakukan imbauan protokol kesehatan, karena bisa menjangkau semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa.

“Hari ini kami launching Delman Prokes. Upaya ini bisa membantu pemerintah daerah, khususnya anggota Satpol PP dalam menegakan penerapan protokol kesehatan,” katanya.

Selain itu, kata Eko, upaya ini juga sebagai bentuk penyegaran dalam menjalankan operasi yustisi yang sudah dilakukan selama satu tahun, sehingga perlu ada cara yang berbeda agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Seperti diketahui pembatasan sosial sudah dilakukan kepada masyarakat, tentunya ada kejenuhan,” kata Eko.

Dikatakan, delman tersebut akan berkeliling ke setiap kecamatan, terutama kecamatan yang terjadi peningkatan kasus positif Covid-19.

“Nanti delman itu akan diarahkan ke kecamatan tersebut, tapi untuk sementara ini kami fokuskan di tengah kota,” ujarnya.

Pada hari pertama sosialisasi protokol kesehatan menggunakan delman itu, ada tiga delman yang dilibatkan, namun untuk ke depan jumlahnya bakal ditambah sesuai kebutuhan di lapangan.

“Delman ini akan berkeliling memutarkan lagu-lagu dan imbauan terkait protokol kesehatan di Kabupaten Sumedang. Jadi delman ini dilengkapi pengeras suara dan sirine,” kata Eko.

Ia mengatakan, delman tersebut akan dilibatkan seterusnya untuk melakukan sosialisasi protokol kesehatan dalam rangka membantu Pemerintah Kabupaten Sumedang untuk menekan penyebaran virus korona. (gun)