Vaksin Sinovac Tiba di Sumedang, 3.500 Nakes Siap Vaksinasi

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Vaksin Covid-19 resmi didistribusikan ke Kabupaten Sumedang, Rabu (27/1) pagi sekira jam 10.00 WIB.

Kedatangan vaksin sinovac itu dikawal ketat oleh aparat kepolisian bersenjata lengkap dengan pendampingan langsung dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, BPOM, Vaksinator (petugas vaksinasi).

Vaksin disimpan di ruang khusus di UPTD Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Jalan Serma Muchtar No. 120, Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara.

Tampak juga aparat kepolisian dari Polres Sumedang mengamankan areal Gudang Farmasi itu sehingga nampak steril dari kendaraan bermotor.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang dan Dirut RSUD Sumedang juga nampak hadir menyaksikan langsung penyerahan vaksin sebanyak 4 box tersebut ke ruang vaksin untuk disimpan di lemari pendingin (cold chain).

Dikonfirmasi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Dadang Sulaeman menyampaikan, pihaknya telah menerima vaksin Covid-19 yang digunakan untuk mengendalikan virus Corona terutama di Kabupaten Sumedang.

Adapun vaksin yang didistribusikan sebanyak 7000 dosis vaksin. Tahap pertama vakisnasi digunakan untuk nakes (tenaga kesehatan) beserta penunjangnya.

“Hari ini kita akan mulai sebar dengan SOP yang sudah kita buat kepada puskesmas dan tempat yang aman kita gunakan vaksin. Ada 38 puskesmas juga akan dilanjutkan besok pagi,” ujarnya kepada Radar Sumedang usai penyerahan vaksin.

Selain itu lanjut dia, kick off vaksinasi akan dilakukan pada hari Jum’at (29/1) jam 13.00 WIB mendatang di Puskesmas Situ (bangunan baru di Jalan Angkrek depan kantor Diskominfosanditik).

“Untuk nakes ada sebanyak 3500 orang. Namun ketika nanti masih ada yang kurang, kita bisa mengusulkan lagi. Pokoknya seluruh nakes dan penunjangnya yang memenuhi kriteria akan kita suntik vaksin,” katanya seraya mengatakan satu orang dua kali divaksin sehingga jumlahnya 7000 dosis vaksin. (jim)