JKN-KIS Dampingi Dahlia Dimasa Senja

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari pemerintah melalui BPJS Kesehatan memberi angin segar bagi mereka yang ingin memberikan perlindungan diri untuk menjaga stabilitas ekonomi apabila jatuh sakit di kemudian hari.

Salah satunya bagi Dahlia,73. Memasuki usia senja, sangat penting baginya memiliki jaminan kesehatan untuk memproteksi diri apabila jatuh sakit.

Ditemui dikediamannya, Dahlia mengaku bersyukur dirinya telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sejak 13 tahun lalu. Ia yang merupakan istri dari pensiunan seorang guru ini mengaku sudah beberapa kali memanfaatkan kepesertaan JKN-KISnya untuk mengakses pelayanan keehatan di Puskesmas hingga rumah sakit untuk penyembuhan keluhan penyakit yang ia alami.

“Saya sungguh merasa terbantu dengan kehadiran Program JKN-KIS ini. Pernah saya harus dirawat di rumah sakit selama hampir seminggu, dan saat itu saya tidak perlu memikirkan biaya pengobatan yang tergolong mahal karena semuanya sudah ditanggung BPJS Kesehatan,” ungkap Dahlia.

Dahlia mengaku, di usia yang sudah menginjak kepala 7 ini, dirinya sering mengalami keluhan di tubuhnya. Kepalanya yang sering sakit hingga saluran pencernaannya yang kurang bagus membuat diirnya harus rutin menjalani pengobatan di klinik untuk mendapatkan pengobatan. Sebagai seorang pensiun yang penghasilannya hanya datang dari gaji pensiunnya ia sangat bersyukur dengan kehadiran program JKN-KIS karena bisa mendapatkan pelayanan kesehatan jika sewaktu-waktu ia sakit.

“Saya pensiunan yang hanya mengandalkan gaji pensiunan saja, sehingga sangat bersyukur dengan adanya program ini karena jika berobat ke Klinik atau rumah sakit semuanya dijamin BPJS Kesehatan hanya dengan menunjukkan kartu JKN-KIS saja,” ujar warga yang tinggal di Dusun Cieurih Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan.

Dengan berbagai manfaat yang ia rasakan, Dahlia berharap penyelenggaraan Program JKN-KIS terus hadir menemani masyarakat, khususnya bagi mereka yang sudah memasuki lanjut usia. Sehingga banyak masyaralat yang terbantu menjamin kesehatan dan terbantu untuk mengakses pelayanan kesehatan tanpa dibuat khawatir akan biaya yang timbul. (Isl/rls).