Lewat Aplikasi P-Care, BPJS Kesehatan Subang Siap Sukseskan Vaksinasi

oleh -

RADARSUMEDANG.ID, SUBANG – Untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Subang, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Sumedang telah memastikan kesiapan aplikasi P-Care (Primary Care) Vaksinasi BPJS Kesehatan dalam pelaksanaan pelayanan vaksinasi Covid–19.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Subang Harbu Hakim menyampaikan, aplikasi P-Care Vaksinasi ini merupakan bagian terintegrasi yang ikut berperan dalam proses pencatatan dan pelaporan pelayanan vaksinasi Covid–19.

“Aplikasi P-Care Vaksinasi BPJS Kesehatan, digunakan dalam proses pencatatan dan pelaporan pelayanan vaksinasi di fasilitas kesehatan. Ini merupakan salah satu bentuk dukungan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan terhadap upaya percepatan penanganan Covid–19,” jelas Harbu, Jumat (29/01).

Harbu menambahkan, dukungan aplikasi P-Care vaksinasi oleh BPJS Kesehatan ini akan mencatat riwayat pemberian vaksin dan data penerima vaksin secara tepat dan realtime. Nantinya data tersebut akan secara langsung terintegrasi dengan data Dashboard milik Komite Penanganan Covid–19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

“Jadi hasil dari aplikasi P-Care Vaksinasi ini nanti tidak hanya akan tersaji pada data tabulasi di Sumedang atau di Subang, Majalengka saja, tetapi juga akan terintegrasi dengan data pelayanan vaksin secara Nasional. Sehingga diharapkan dengan adanya data yang valid dan tepat tersebut, dapat membantu Pemerintah baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah khususnya di wilayah Sumedang, Subang, Majalengka untuk upaya pengendalian penyebaran Covid–19 melalui pemberian vaksin ini,” Ungkap Harbu.

Sementara itu, Bupati Subang Rohimat optimis bahwa pemberian vaksin Covid–19 ini akan mempercepat upaya Pemerintah dalam mengendalikan penyebaran Covid–19. Safitri mengatakan, dengan pemberian vaksin yang sudah dinyatakan halal dan aman oleh LPPOM MUI dan BPOM, akan menciptakan kekebalan di masyarakat (Herd Immunity) terhadap Covid–19, sehingga pandemi ini akan dapat teratasi.

“Mudah–mudahan dengan adanya vaksin ini, wabah Covid–19 dapat segera teratasi dan kita semua dapat melakukan aktivitas baik aktivitas keagamaan, aktivitas masyarakat, maupun aktivitas perekonomian secara normal kembali,” jelasnya. (rls)