Tempati Bangunan Baru, Puskesmas Situ Akan Melayani PONED

oleh -
Puskesmas Situ Kecamatan Sumedang Utara

RADARSUMEDANG.ID – Pasca menempati bangunan baru di Jl Angrek Kecamatan Sumedang Utara. Pelayanan di Puskesmas Situ kini akan ditambah dengan PONED (Pelayanan Obstetri dan Neonatal Emergensi Dasar).

PONED merupakan pelayanan untuk menanggulangi kasus-kasus kegawatdaruratan obstetric neonatal. PONED dilaksanakan di puskesmas induk dengan pengawasan dokter dan menerima rujukan dari tenaga atau fasilitas kesehatan di tingkat desa atau masyarakat yang merujuk ke rumah sakit.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Uyu Wahyudin mengatakan, sebelumnya saat masih dilingkungan Karapyak puskesmas Situ tidak ada sarana PONED.

“Ditempat baru bangunannya sangat memungkinkan sehingga bisa ditambah pelayananan PONED,” kata Uyu, Jumat (29/1).

Kata Uyu, PONED merupakan pelayanan untuk menanggulangi kasus-kasus kegawat daruratan obstetric neonatal.
PONED menerima rujukan dari tenaga atau fasilitas kesehatan di tingkat desa atau masyarakat yang merujuk ke rumah sakit.

“Layanan PONED juga dilakukan dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Karena dengan adanya PONED proses persalinan yang sifatnya gawat darurat bisa cepat ditangani,” ujarnya.

Ia menyebutkan, selain PONED, Puskesmas Situ juga akan dilengkapi dengan fasilitas rawat inap dan menjadi rujukan bagi puskesmas puskesmas yang ada di sekitarnya.

“Dengan tambahan dua fasiltas ini diharapkan tingkat pelayanan Puskesmas Situ kepada masyarakat akan lebih meningkat lagi,” tuturnya. (gun)