15 Tahun Asmawi Tinggal di Rutilahu, Ini Yang Dilakukan ‘Tim Hore’

oleh -
TRI BUDI SATRIA/RADAR SUMEDANG ‘TEAM HORE’: Para pemuda tergabung dalam ‘Team Hore’ Desa Cibeureum Kulon, Kecamatan Cimalaka usai melakukan kegiatan bhakti sosial pada Sabtu (30/1).

RADARSUMEDANG.ID, CIMALAKA – Para pemuda tergabung dalam ‘Team Hore’ Desa Cibeureum Kulon, Kecamatan Cimalaka bergerak membantu memberikan solusi terhadap Asmawi, 60, warga RT 02/05 yang berdiam selama sekitar 15 tahun di sebuah rumah tidak layak huni (Rutilahu).

Gerakan sosial ‘Team Hore’ itu turut menggandeng pemerintah desa setempat dan pengusaha untuk membantu kesulitan tempat tinggal Asmawi yang keseharian berprofesi sebagai service payung keliling.

Tempat tinggalnya yang terbuat dari bilik kayu berukuran sekitar 6 x 5 meter persegi dibongkar pada Sabtu (30/1). Sedangkan Asmawi dipindahkan ke sebuah bangunan yang dibangun pihak pengusaha berlokasi di wilayah RT 03/06, berstatus tanah milik aset Pemerintah Desa Cibeureum Kulon.

“Dalam satu hari ini kami pemuda ‘Team Hore’ melaksanakan bhakti sosial membongkar rumah tidak layak huni yang dihuni Pak Mawi dan membantu dipindahkan ke sebuah bangunan di tanah desa,” sebut Sigit Muheri, Ketua ‘Team Hore’ pada Sabtu (30/1).

Sigit yang didampingi Penasehat ‘Team Hore’ Dicki Rizki menjelaskan, di tempat yang baru Asmawi juga disediakan lapangan pekerjaan baru berupa mengurus tempat pemakaman dan pengelolaan sampah.

“Untuk ke depan kami ‘Team Hore’ siap untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial lainnya, tergantung dengan situasi dan kondisi yang nantinya kita hadapi,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sehari sebelum itu juga sudah mengadakan kegiatan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat fasilitas umum dan fasilitas sosial (Fasum dan Fasos) lingkungan wilayah desa setempat. Beberapa hari lalu juga mengadakan kegiatan pembagian masker dan turut serta menjadi relawan bencana alam tanah longsor di Kecamatan Cimanggung.

“Team Hore berdiri sejak 2017 dan sekarang anggotanya sekitar 40 orang. Awalnya hanya kumpulan-kumpulan pemuda aja, belakangan kita terus bergerak mengadakan kegiatan-kegiatan sosial,” ulasnya. (tri)