Dipasang Tidak Pada Tempatnya, Atribut Parpol Ini Bakal Dibersihkan Satpol PP

oleh -
Sejumlah atribut tampak berjejer di kawasan Bundaran Binokasih, Senin (1/2)

RADARSUMEDANG.ID – Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumedang memberikan peringatan kepada para pengurus partai politik di Kabupaten Sumedang untuk tidak memasang atribut partai di sembarang tempat.

Bundaran Binokasih dan Jalan Protokol di Sumedang saat ini tampak kumuh karena dipenuhi oleh atribut dari berbagai parpol.

Dikonfirmasi, Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Tibumtranmas) Satpol PP Kabupaten Sumedang, Hilman Abdilah membenarkan akan hal itu.

Karenanya, Satpol PP kata Hilman berencana akan mencabut satu per satu atribut parpol yang mejeng di fasilitas pemerintah, fasilitas umum dan jalan-jalan.

“Memang benar atribut parpol itu dipasang di tempat yang dilarang. Contohnya yang dipasang di pohon-pohon,” ujarnya kepada Radar Sumedang, Senin (1/2).

Dikatakan, alasan atribut parpol itu tak kunjung dicopot dikarenakan keterbatasan petugas yang sedang fokus di lokasi bencana longsor Cimanggung. “Iya rencananya minggu ini kita akan lakukan penertiban,” katanya.

Selain itu sebagaimana diatur dalam Perbup 46/2009 reklame komersil mesti mengantongi izin dari Satpol-PP.

“Jadi atribut yang diluar objek pajak harus ada izin dari kami (Satpol PP. Red). Karena nanti akan ditentukan mana tempat yang boleh dipasang dan mana yang tidak boleh dipasang sebagaimana yang diatur dalam Perbup itu,” tuturnya seraya mengatakan akan segera berkoordinasi dan bersurat ke parpol yang bersangkutan. (jim)