Bupati Ajak BBWS Cimancis Tangani Sampah di Waduk Jatigede

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir akhirnya merespon permasalahan lautan sampah di salah satu bibir pantai Waduk Jatigede.

Ia mengatakan, dirinya bakal segera melakukan koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS Cimancis) untuk melakukan penanganan yang komprehensif terkait masalah sampah di Waduk Jatigede.

“Untuk jangka pendek, pembersihan Waduk Jatigede dari sampah akan segera dilaksanakan oleh penanggungjawab Waduk Jatigede, yaitu pihak BBWS Cimanuk Cisanggarung. Kami dari Pemkab juga akan membantu,” ujarnya kepada wartawan.

Alhasil dirinya meminta kepada masyarakat yang berada di hulu sungai dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk, untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Pasalnya ketika terjadi luapan sungai Cimanuk, segala macam sampah termasuk kayu dan banyak hal terbawa sampai ke hilir dan masuk ke Waduk Jatigede.

Sementara untuk penanganan jangka panjang, dirinya telah dan sedang mendiskusikan rencana-rencana komprehensif dalam penanganan sampah di Waduk Jatigede dan DAS Cimanuk.

“Saya sepakat dengan pernyataan seorang ahli, yang menyatakan bahwa persoalan utama Jatigede adalah bagaimana mengelola Hulu dan DAS Cimanuk-nya. Sebab kalau tidak dilakukan, maka pendangkalan waduk Jatigede akan cepat terjadi. Karena ketika musim hujan, yang akan masuk ke waduk bukan hanya air, tapi lumpur dan apapun yang terbawa luapan Cimanuk,” terangnya.

Dony menambahkan, butuh perencanaan komprehensif agar kegiatan pembersihan ini tidak menyulitkan ke depannya.

Selain himbauan untuk tidak buang sampah sembarangan, salah satu opsinya akan dibangun semacam penyaringan sampah sebelum masuk ke waduk Jatigede.

“Kalau cara ini sudah dilakukan, tapi ternyata Waduk Jatigede masih kotor, berarti ada sumber sampah lain yang masuk Waduk Jatigede,” katanya. (jim)