Command Centre Bisa Difungsikan Untuk Tilang Elektronik

oleh -

RADARSUMEDANG.ID – Komisi I DPRD Kabupaten Sumedang mendorong Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) agar terus meningkatkan kapasitas SDM bagi para petugas yang berada di Command Center (pusat komando) Sumedang.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, Ilmawan Muhammad menyampaikan, bahwa kunjungan Komisi I DPRD beserta jajaran yaitu untuk melihat perkembangan sejauh mana keberadaan Command Center yang berada dibawah naungan Diskominfosanditik dalam menunjang pelaksanaan pemerintahan Kabupaten Sumedang.

“Kami ingin mendapatkan penjelasan Command Center ini terkait dengan apa saja yang berada disini, kondisi peralatan dan aplikasi apa saja yang digunakan. Diharapkan tidak sembarang orang yang bisa masuk ke pusat komando ini, harus diberlakukan izin yang ketat,” kata Ilmawan saat melakukan rapat pengawasan ke ruang Command Center Sumedang di lantai 3 IPP Setda Sumedang, Kamis (4/2).

Senada, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumedang Asep Kurnia memberikan apresiasi atas terobosan baru yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diberikan kepada Pemkab Sumedang.

“Mudah-mudahan ini bisa membantu mengambil keputusan bagi pimpinan di tataran eksekutif untuk bertindak cepat dan tepat. Tadi kami sampaikan beberapa masukan terkait kemanan, harus benar-benar diperhatikan. Termasuk juga keakuratan data yang disajikan,” ucap pria yang akrab disapa Akur ini.

Selain itu yang tidak kalah menarik adalah pengambilan keputusan di command center seperti, sehingga bisa melengkapi segala keputusan yang diambil oleh Pemerintah Daerah.

“Tentunya Ini masih dalam tahap pengembangan sehingga saya pikir masih banyak beberapa kekurangan. Akan tetapi masih ada cukup waktu dan kemudian terintegrasi semua data semua dokumen pendukung yang harus ada di pusat komando tersebut,” katanya.

Sementara ditemui terpisah, Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto mengisyaratkan bahwa Polres Sumedang bakal menerapkan pemberlakuan Elektronic Tilang Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik di sejumlah ruas jalan yang nantinya akan terintegrasi melalui Command Center Sumedang.

Penerapan tilang elektronik ini kata Kapolres merupakan salah satu program yang direncanakan Kapolri baru Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pada, program kerja 100 hari pertamanya.

Adapun rencana pemberlakuan tilang elektronik di Sumedang ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkab Sumedang yang saat ini telah memiliki Command Center.

“Untuk pemberlakuan Tilang elektronik harus ada fasilitas Command Center dan pemasangan CCTV di setiap lampu merah. Nah, untuk Sumedang ini saat ini telah memilikinya, namun belum difungsikan. Sehingga kami perlu melakukan koordinasi terlebih dahulu,” kata Kapolres kepada wartawan di Alun-alun Sumedang, Kamis (4/2).

Disamping itu pula, untuk mendukung pemberlakuan Tilang Elektronik tersebut, nantinya akan dipasang CCTV di setiap lampu merah yang terkoneksi dengan Command Center. Sehingga Dinas Perhubungan (Dishub) dengan Satlantas Polres Sumedang bakal memiliki server yang sama.

“Jadi, para pelanggar lalu lintas, akan terpantau dan terekam secara langsung melalui CCTV tersebut,” ujarnya.

Kendati demikian ditambahkan Kapolres, pemberlakuan tilang elektronik rencananya juga akan disesuaikan dengan titik CCTV yang sudah dipasang oleh Pemkab Sumedang.

“Kami, tentunya akan sesuaikan dengan CCTV yang terpasang, dimana sementara ini telah terpasang di wilayah perkotaan atau jalur protokol,” tandasnya. (jim)