Danramil Ajak Ormas dan Relawan Bencana di Tanjungsari Sosialisasikan 5 M

oleh -

RADARSUMEDANG.ID, TANJUNGSARI – Upaya meningkatkan kepedulian terhadap penanganan virus corona, puluhan Ormas dan Relawan Bencana di Kecamatan Tanjungsari, Pamulihan dan Sukasari dijejali pemahaman penanganan Covid-19. Termasuk mengajak untuk mensosialisasikan 5 M.

Kegiatan sosialisasi peranan ormas atau lembaga dalam rangka penanganan Covid-19 digagas oleh Koramil 1004/Tanjungsari Kodim 0610/Sumedang.

Danramil 1004/Tanjungsari Kapten Infanteri Agus Hermawan mengatakan, dalam rangka penanganan virus corona tidak hanya dilakukan oleh aparat pemerintah TNI maupun Polri. Tetapi ada keterlibatan ormas lembaga lainnya bersama-sama agar tidak terpapar virus corona.

“Alhamdulillah puluhan Ormas dan lembaga ditiga kecamatan bisa ikut terlibat dalam sosialisasi yang diisi beberapa materi baik dari tenaga medis, keamanan dan lainnya,” ucap Danramil.

Ia menambahkan, pengetahuan penanganan wabah ini penting diketahui, mengingat masih ada warga yang acuh tidak menerapkan prokes saat beraktivitas dan terbukti saat digelar operasi yustisi.

“Setiap digelar operasi yustisi ada saja warga yang melanggar salah satunya tidak memakai masker, ketika ditanya mereka lupa bahkan ada yang tidak tahu,” tambahnya.

Oleh sebab itu, kata ia, pihaknya menggandeng Ormas dan lembaga serta relawan bencana di Tanjungsari untuk lebih gencar mensosialisasikan Prokes kepada masyarakat. Agar mereka taat dan patuh. Termasuk 5 M yaitu Memakai Masker, Menjaga jarak, Mencuci Tangan pakai sabun, Menghindari Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas.

“Berharap setelah sosialisasi ini, mereka dapat menginformasikan kepada anggota sesama ormas dan lembaga serta masyarakat agar memakai masker ketika keluar rumah, mencuci tangan dengan air mengalir, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas seperti yang disampaikan kepala puskesmas dalam sosialisasi ini,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Relawan Penanggulangan Bencana Tanjungsari (RANCATAN) Ismail Edwin mengapresiasi dan mendukung langkah Danramil Tanjungsari sebagai upaya mencegah penularan serta memutus mata rantai covid-19.

“Kami sangat setuju dan mendukung pihak pemerintah maupun petugas yang menggandeng kami termasuk para Ormas, OKP dan Komunitas motor untuk bersama-sama patuh terhadap prokes serta turut mensosialisasikan terhadap anggota dan juga terhadap masyarakat,” ungkapnya. (tha).