Tumpukan Sampah Jatigede Dipindahken ke TPA Sukanyiru

oleh -
EVAKUASI : Alat berat diterjunkan untuk mengevakuasi tumpukan sampah di perairan Waduk Jatigede, Minggu (7/2).

RADARSUMEDANG.ID, WADO – Tumpukan sampah di pesisir Waduk Jatigede, tepatnya wilayah Tugu Wado dipindahkan, Minggu (7/2). Sampah- sampah ini dipindahkan ke tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Sukanyiru Desa Sukajadi Kecamatan Wado.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Yosep Suhayat mengatakan, pemindahan sampah dilakukan oleh pihak Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS Cimasang), Satker Waduk Jatigede, dan DLHK Kabupaten Sumedang.

“Pemindahan sampah dengan menurunkan alat berat ekskavator satu unit, dan dump truk 12 unit,” kata Yosep.

Kata Yosep, diperkirakan ada sekitar 32 ton sampah berbagai jenis di pesisir Waduk Jatigede, yang terbawa arus Sungai Cimanuk. Menurut Yosep, evakuasi sampah ini belum tentu optimal, tergantung banyaknya kiriman sampah dari hulu Sungai Cimanuk di Garut.

“Setidaknya kami ada upaya, jangan sampai seolah-olah masalah sampah ini dibiarkan. Pertanyaannya apakah akan signifikan ? Ya kami minta waktu dulu. Kalau misalkan kiriman dari Garut mencapai 100 ton per jam, akan upayakan dan melihat keseimbangan antara output dan input,” ujarnya.

Camat Wado, Taufik Hidayat mengatakan, selain terbawa arus Sungai Cimanuk, sampah diduga berasal dari puing sisa bangunan yang tergenang. Ia menggambarkan banyaknya sampah kayu, bambu dan lainnya.
“Kemungkinan itu sisa bangunan yang sudah lapuk, kemudian mengapung ke permukaan,” ucapnya.

Untuk penanganan jangka panjang, kata camat, pihaknya menganjurkan pihak BBWS untuk memasang semacam jaring di Sungai Cimanuk sebelum masuk ke perairan Waduk Jatigede.

“itu efektif untuk menampung sampah. Kalaupun ada sampah disini, pihak BBWS sudah siap dengan alat beratnya, setiap hari akan dikumpulkan, baru seminggu sekali dipindahkan ke TPA Sukanyiru Desa Sukajadi. Di situ ada lahan pemda yang sudah dibebaskan,” ujarnya.

Pemindahan sampah di pesisir Waduk Jatigede ditargetkan selesai dalam satu hari. (gun)